Winglet Penentu Kemenangan MotoGP
LOSAIL, 23 Maret 2016 – Kehadiran winglet, part kecil di bagian fairing depan motor, dalam dunia balap motor MotoGP nampaknya sudah mulai diikuti pabrikan asal Jepang seperti Yamaha dan Honda. Winglet sebenarnya sudah digunakan sebelumnya dalam MotoGP beberapa tahun lalu oleh pabrikan motor asal Eropa seperti Ducati GP15 dan sekarang GP16.
Winglet berperan penting untuk memudahkan membelah angin dan meningkatkan downforce motor sehingga meminimalisir wheelie yang membuang lap time. Piranti berbentuk seperti sayap kecil ini biasanya berada di kedua sisi fairing.
Bentuknya beragam, mulai dari ukuran kecil, sedang hingga besar. Jika kita melihat Honda RC-213V milik Marc Marquez, winglet yang digunakan berukuran kecil. Sedangkan winglet Yamaha YZF-M1 yang ditunggangi Jorge Lorenzo terlihat besar dan sangat bermanfaat saat melibas tikungan.
Winglet Lorenzo menjadi perhatian khusus. Sepanjang balap MotoGP Qatar kemarin (20/3), motor miliknya terlihat anteng bermanuver dan hampir tidak mengalami wheelie saat berakselerasi di trek lurus setelah melibas tikungan. Winglet juga menjadikan pembalap Ducati GP16, Andrea Dovisozo, berhasil meraih posisi kedua dengan perolehan waktu 42m 30,471d.
Melihat fenomena ini, sepertinya ukuran wingletberpengaruh terhadap catatan waktu. Bagaimana menurut Anda?
ANDHIKA KRESNA
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test