Selain Alvez, Wuling juga mendaftarkan merek dagang Formo Max di instansi pemerintahan. Bahkan unit tes kerap berseliweran dalam balutan stiker kamuflase dengan pelat nomor B 2505 XLM. Entah memang untuk uji jalan atau memang sengaja agar menarik perhatian khalayak. Yang jelas pasar kendaraan niaga ringan sangat besar. Buktinya, Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max pick up selalu jadi tombak penjualan. Lantas berapa harga mobil niaga Cina ini?
Memang belum ada bocoran data spesifikasi. Namun Formo minibus BV M/T bisa menjadi patokan, yang kini dijual Rp130 jutaan. Kemungkinan Formo Max bisa di rentang ini, syukur kalau bisa lebih murah lagi. Kalau dua merek di atas dilego Rp150 jutaan lebih. Kemudian soal teknis, diprediksi mirip dengan varian blindvan. Kelengkapan bakal dipangkas agar kompetitif dan kian terjangkau.
Jantung mekanis Formo Max bisa jadi pakai konfigurasi empat silinder dan ruang bakar 1,2 liter DOHC, I-VVT. Resultan tenaga maksimal didapat 78 PS pada 5.600 rpm dan torsi sebesar 110 Nm di rentang 3.600 rpm sampai 4.600 rpm. Keseluruhan daya didistribusikan ke roda belakang melalui sistem transmisi manual 5-percepatan. Kalaupun benar menggunakan pemacu ini. Ia bakal menjadi pikap dengan enjin bensin paling kecil yang disuguhkan Wuling Indonesia.
Baca Juga: Wuling Rilis SUV Asta Hybrid, Harga Cuma Rp200 Jutaan
Maklum saja kalau Formo Max tidak memiliki banyak fitur. Diprediksi kelengkapan mirip varian Formo BV 1.2 MT. Kelak hanya diberikan perangkat: electric power steering, meter cluster dengan multi information display (MID), head unit (AM, FM dan USB). Kemudian pendingin kabin, power window, power socket 12V dan spion sampingnya sudah dilengkapi lampu sein. Dari segi rupa di gambar kamuflase. Wajahnya mirip Formo BV. Sama pakai pelek steel (kaleng) 15 inci. Terus tanpa dibekali fog lamp.
Sedangkan untuk peranti keamanan. Sepertinya Formo Max hanya mengandalkan sabuk pengaman yang tersedia di penumpang depan. Jangan harap ada sistem pengereman ABS, EBD dan BA. Bantalan udara di Formo BV juga tidak diaplikasikan. Semua ala kadarnya saja. Tapi pengereman sudah pakai cakram di depan dan tromol di belakang. Peredam guncangan pakai MacPherson Strut dan Coil Spring, Semi-Independent Suspension.
Untuk kemampuan daya angkut versi blind van mencapai 595 kg. Seharusnya Formo Max bisa di atas itu. Sebagai gambaran saja, Carry pick up sanggup memuat 1.000 kg (1 ton). Pastilah Wuling punya riset tersendiri mengenai hal ini. Sehingga kelak dapat membawa banyak barang, dan cocok dijadikan moda angkutan untuk pengusaha di level menengah ke bawah. (Alx/Odi)
Sumber: @chinesecars.id
Baca Juga: Spesifikasi Wuling Alvez, Adik Almaz yang Tengah Uji Jalan di Indonesia
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.