Xpeng, merek otomotif terkemuka dari Tiongkok, telah resmi memasuki pasar Indonesia melalui kemitraan strategis dengan Erajaya Active Lifestyle (ERAL). Langkah ini bertujuan untuk memperkuat kehadiran Xpeng di pasar otomotif Indonesia yang terus berkembang pesat.
Pada acara peluncuran yang berlangsung di Jakarta pada Jumat (28/02), Brian Gu, Vice Chairman dan President of Xpeng, mengungkapkan alasan memilih ERAL sebagai mitra strategis. "Xpeng mencari mitra yang memiliki visi dan impian yang sama. Erajaya Active Lifestyle adalah neo-force di Indonesia dan merupakan mitra yang tepat bagi Xpeng di pasar lokal," ujar Brian.
Sebagai wujud komitmen serius untuk pasar Indonesia, Xpeng langsung memperkenalkan dua model kendaraan, yaitu MPV 7-seaters X9 dan SUV G6. Kedua model ini mengusung inovasi berbasis kecerdasan buatan (AI), mobilitas cerdas, dan performa tinggi, diharapkan dapat menarik minat konsumen di segmen kendaraan listrik premium.
"Erajaya Active Lifestyle bangga menjadi mitra utama dalam perjalanan Xpeng di Indonesia. Pemahaman mendalam kami tentang pasar lokal, serta komitmen kuat terhadap merek inovatif menjadikan kami mitra strategis yang ideal untuk mendukung pertumbuhan Xpeng," ungkap Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle.
X9 hadir sebagai MPV dengan teknologi canggih yang memberikan pengalaman berkendara premium. Mobil ini dilengkapi dengan 27 intelligent driving sensor, Nvidia Drive Orin Intelligent Driving Chip, serta baterai 800V yang mampu menempuh jarak hingga 702 km (CLTC). Selain itu, X9 mendukung ultra-fast charging 330 kW yang memungkinkan pengisian daya dalam waktu singkat.
SUV G6 mengusung konsep kendaraan modis dengan fitur keselamatan dan kenyamanan terkini. Dilengkapi dengan 29 intelligent driving sensor dan sistem ADAS canggih, mobil ini memberikan pengalaman berkendara yang aman dan cerdas. Baterainya memiliki daya jelajah 570 km (WLTP) dan mendukung pengisian cepat dari 10% ke 80% hanya dalam waktu 20 menit.
Peluncuran resmi produk masih menunggu pengumuman lebih lanjut dari Xpeng. Namun, dipastikan bahwa X9 akan dirilis lebih dahulu. Selain itu, Xpeng juga menegaskan komitmennya di Indonesia dengan rencana produksi lokal yang akan dimulai pada paruh kedua 2025. Pabrik ini akan difokuskan untuk memenuhi permintaan pasar kendaraan setir kanan.
Melalui strategi ini, Xpeng ingin mengoptimalkan rantai pasok dan membangun komunitas pengguna yang kuat di Indonesia. Dengan adanya produksi lokal, biaya distribusi diharapkan lebih efisien dan memberikan manfaat lebih bagi konsumen. Visi Xpeng adalah menghadirkan kendaraan listrik berkualitas tinggi dengan harga lebih kompetitif.
ERAL akan mengandalkan jaringan distribusinya yang luas untuk memastikan produk Xpeng dapat menjangkau konsumen dengan baik. Selain itu, mereka akan mendirikan jaringan diler di lokasi strategis yang menawarkan layanan 1S (sales) dan 3S (sales, service, spare parts) guna memberikan kemudahan akses bagi pelanggan.
Kehadiran Xpeng di Indonesia menambah pilihan kendaraan listrik berkualitas tinggi di pasar otomotif Tanah Air. Kemitraan antara Xpeng dan Erajaya Active Lifestyle menjadi langkah besar dalam membangun ekosistem mobil listrik yang lebih maju, inovatif, dan berorientasi pada kebutuhan pelanggan di era kendaraan berbasis teknologi cerdas. (Hfd)
Baca Juga: Xpeng Mengaspal di Indonesia, Erajaya Active Lifestyle Menjadi ATPM
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.