Yamaha E01 Concept, Skuter Listrik Mirip Nmax yang Siap Diproduksi
Sebuah konsep Skuter listrik Yamaha kemungkinan segera masuk jalur produksi. Rumor ini diyakini benar setelah pihak pabrikan mengajukan merek dagang ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Gambar reka pun muncul, sangat menarik karena punya kemiripan dengan Yamaha Nmax.
Konsep skuter listrik E01 muncul pertama kali di Tokyo Motor Show 2019. E01 bisa disebut juga Electric Zero One, dirancang sebagai kendaraan modern. Pihaknya menyatakan, jika skuter listrik terbarunya itu, diharapkan bisa menjadi pilihan kendaraan perkotaan dengan gaya baru. Ditunjang fitur berkualitas dan keamanan serta kenyamanan tingkat tinggi
Meski sudah lama tak terdengar, Team Blue terus mengembangkan platform baru selama 16 bulan terakhir. Mendaftarkan merek dagang ke EUIPO membuktikan kalau produk anyar itu sedang ditinjau. Dikirim oleh Yamaha pada 5 Februari 2021, dan diterbitkan pada 15 Februari 2021.
Baca Juga: Rumor Yamaha X-Ride Naik Kelas Saingi Honda ADV 150, Seberapa Masuk Akal?
Sejauh ini EUIPO mengizinkan pihak lain untuk mengajukan keberatan atas merek dagang dalam jangka waktu tiga bulan. Berarti info penolakan ditunggu hingga April 2021. Jika semuanya berjalan lancar, pabrikan asal Iwata dapat menggunakan papan nama E01. Selain pada sepeda motor listrik, suku cadang serta perlengkapannya juga termasuk di dalamnya. Berlaku mulai 17 Mei 2021, dan seterusnya.
Hingga sekarang Yamaha masih bungkam soal skuter listriknya itu. Namun diyakini nantinya menggunakan dinamo DC brushless, berpendingin udara, dan beterai lithium-ion yang tidak dapat ditukar. Banyak juga yang mengharap kalau lampu depan LED dipasang lebih rendah, mirip pencahayaan R1 dan port pengisian daya yang dipasang di fasia.
Di lain sisi, rendering mengenai E01 juga sudah muncul. Tampak desainnya belum legal untuk digunakan di jalan raya. Terlihat masih pakai spion berukuran kecil dan buntut yang mengerucut dari bagian tengah. Gambaran itu belum bisa memenuhi standar saat ini. Namun bagian itu tentu saja mudah untuk diperbaiki dan diubah.
Baca Juga: Setelah Eksis Puluhan Tahun, Yamaha Menutup Kiprah SR400 Lewat Edisi Final
Sementara garis bodinya masih terlihat lebih gemuk dan futuristis, serupa dengan konsep yang pertama kali dipamerkan. Fascia sedikit berbeda dari sebelumnya. Dek tengah terlihat mengembung, dipastikan menjadi tempat penyimpanan baterai. Tertutup dengan sempurna dan ada kisi-kisi sedikit untuk menyalurkan udara ke ruang motor penggeraknya.
Kemudi dibungkus dengan cover ala jetski. Joknya unik, wujudnya menyatu dengan bodi dari tengah hingga belakang. Pijakan kaki bentuknya tidak beda jauh dengan NMax yang dipasarkan sekarang. Posisi duduk jadi lebih santai dan kaki bisa terjulur lurus ke depan ketika berkendara.
Belakangnya dibuat ringkas, karena tidak ada silencer knalpot. Buntutnya hanya ada stoplamp, dan tidak terlihat jelas penempatan sein. Bawahnya dipasang mud guard dan ditunjang dengan ban lebar. Lengan ayun sepertinya menggunakan bahan dari aluminium. Selain mendongkrak tampilan, juga punya bobot yang ringan. Dipasangkan suspensi ganda belakang untuk menunjang kestabilan motor. Pengereman diharapkan pakai cakram, depan maupun belakang. Bisa dipastikan sudah dibekali teknologi ABS.
Setelah merek dagang diperoleh dan regulasi terpenuhi. Yamaha bakal memosisikan E01 sebagai komuter perkotaan dengan tenaga yang sebanding dengan skuter 125 cc. Kehadirannya bisa disejajarkan skuter listrik KTM, Aprilia, dan BMW. Dengan mengembangkan platform baru, Yamaha diharapkan datang di waktu yang tepat. (Bgx/Odi)
Sumber: Ride Apart, Visordown, Bennetts
Baca Juga: Yamaha YZF-R7 Dalam Pengembangan, Pakai Basis MT-07?
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Yamaha Unggulan
- Populer
Artikel Motor Yamaha dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test