Skuter merupakan salah satu moda transportasi yang paling praktis. Kota-kota besar di Asia, Eropa, bahkan Amerika Selatan semakin diramaikan pengguna untuk harian. Biasanya dipakai oleh masyarakat yang membutuhkan mobilitas tinggi. Bagi produsen sepeda motor tentu melihat kota-kota besar itu adalah peluang pasar. Seperti yang dilakukan oleh Yamaha dengan merilis model skutik 125 cc yang serupa di beberapa negara.
Terbaru ada Fluo 125. Melihat tampilannya langsung teringat Yamaha FreeGo di Indonesia. Sebagai skutik perkotaan, ia juga dibekali fitur kepraktisan. Seperti soket pengisi daya 12 volt, lampu LED, start/stop otomatis, dan banyak lagi. Fluo 125 pada dasarnya adalah skutik FreeGo rebranded yang ditawarkan oleh Yamaha Indonesia. Namun, Fluo hadir dengan variasi yang halus dibandingkan dengan saudara kandungnya di sini. Mari kita lihat apa yang ditawarkan Fluo kepada konsumen Brasil.
Sebagai permulaan, desain Fluo identik dengan FreeGo. Masih mempertahankan gaya modern dan sporty. Satu-satunya perbedaan tampak pada penempatan lampu sein dan lampu rem. Kalau di Indonesia menyatu, di Brasil ditawarkan dengan model terpisah. Stoplamp-nya justru menempel pada sepatbor.
Lalu secara visual, Fluo ditawarkan dalam tiga pilihan warna. Ada hitam, biru dan putih. Dua pilihan terakhir hadir sebagai skema cat dual-tone dengan blacked-out planes pada fairing samping, apron depan, lantai, pelek dan underpinnings untuk menonjolkan daya tarik sporty skuter.
Dalam hal fitur, Fluo sudah ditawarkan rem ABS dan memang hanya ada satu versi. Tidak seperti di Indonesia yang dipisah sebagai opsi varian. Fitur lain yang ditawarkan Fluo termasuk konsol instrumen digital sepenuhnya dengan latar belakang pencahayaan biru, soket pengisi daya 12 volt, penerangan LED penuh, fungsi start/stop otomatis, dan entri tanpa kunci melalui tombol pintar.
Baca Juga: Yamaha Force X, Skuter Menggemaskan yang Siap Diajak Bertualang
Fluo telah menggunakan Smart Key System (SKS) dengan sistem tanpa anak kunci (Keyless). Dilengkapi dengan Immobilizer sebagai fitur keamanan, serta Answer Back System untuk mencari posisi motor pada saat di parkir.
Yamaha juga menyediakan 25 liter penyimpanan di bawah kursi, memungkinkan pengendara bisa menyimpan barang berharga dengan cukup mudah. Last but not least, Fluo 125 mendapatkan pengaturan pencahayaan LED penuh pada lampu utamanya, memastikan visibilitas maksimal saat bepergian di malam hari. Sebetulnya semua itu masih serupa FreeGo.
Bagian penunjang kestabilan masih identik. Ia menggunakan sasis underbone khas. Lalu fork teleskopik konvensional di depan dan mono-shock offset dipasang di hub roda belakang. Tugas pengereman mengandalkan cakram 200mm di depan dan tromol 130mm di belakang. Dibantu ABS saluran tunggal di roda depan. Sama seperti yang ada di Indonesia, Fluo juga pakai velg 12 inci yang menawarkan pengalaman berkendara nyaman. Apalagi ketinggian kursinya hanya 780 mm.
Sama seperti FreeGO, Fluo diklaim memberi pengalaman berkendara lebih menyenangkan. Lantaran sudah dipasangkan ban lebar tipe tubeless. Didukung jok panjang dan pijakan kaki luas, membuat pengendaraannya rileks, terutama saat membawa penumpang ataupun barang.
Dalam hal performa identik dengan FreeGo. Mengusung Blue Core Engine 125 cc SOHC yang menghasilkan 9,6 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,8Nm di 5.500 rpm, serta transmisi CVT. Terdapat teknologi Stop & Start System (SSS), bisa mengurangi konsumsi bahan bakar pada saat motor berhenti, sehingga lebih efisien, serta Smart Motor Generator (SMG) menjadikan suara mesin lebih halus saat dinyalakan.
Yamaha Fluo di Brasil dibanderol 13.390 Real Brasil atau sekitar Rp41 jutaan. Membuatnya lebih mahal Rp20 jutaan dengan FreeGo yang ada di Indonesia. Selisih harga tersebut akibat pajak impor karena diimpor dari Indonesia. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Yamaha E01, NMax Versi Listrik yang Bisa Dinikmati Gratis!
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.