Yamaha Lexi Beregenerasi, Ini Line-up Maxi Yamaha 155 Terbaru

Yamaha Lexi LX 155

Kelas Maxi Yamaha kini diisi model dengan mayoritas mesin 155 cc. Ini setelah Yamaha Lexi generasi terbaru berganti mesin, naik dari 125 cc ke 155 cc. Berkat ubahan signifikan dari sektor performa, sekarang bisa disejajarkan dengan All New Nmax dan Aerox 155. Meski berada di kelas sejajar, masing-masing model memiliki ciri khas dan pasar tersendiri. Di antara ketiganya, mana yang lebih layak dipilih untuk jadi tunggangan harian. Simak ulasannya.

Yamaha Lexi LX 155

Yamaha Lexi LX 155

Kini Lexi punya kapasitas mesin serupa dengan All New Nmax dan Aerox 155. Namun klaim pabrikan, enjin tidak serta merta sama persis. Bahkan disebut lebih baik dari saudaranya di kelas Maxi. Ia mengusung mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru.

Strukturnya satu silinder SOHC, 4-tak, 4-katup, pendingin cairan dan tetap dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA). Ukuran bore x stroke 58 x 58,7 mm sehingga kapasitasnya jadi 155,09 cc. Dirinya mampu mengeluarkan tenaga maksimal 15,1 Hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm di 6.500 rpm. Output power segitu sudah sangat cukup buat dipakai berkegiatan sehari-hari.

Bila dilihat dari besaran angka akselerasi, Lexi LX lebih besar ketimbang Nmax maupun Aerox 155. Hal itu didapatkan karena ada perubahan di desain camshaft, piston sampai head cylinder dan jalur oli. Alhasil performanya lebih baik karena minim gesekan serta vibrasi. Tak lupa pula sematan Smart Motor Generator (SMG) agar suara mesin saat distarter lebih halus.

Berbeda dari keluarga Maxi lain. Sektor kenyamanan Lexi LX bisa dirasakan dari ruang pijakan kaki luas dan rata. Bisa dimaksimalkan dengan membawa barang lain yang diletakkan di situ. Lalu subtank rear suspension untuk tipe tertinggi. Ditambah ukuran jok panjang dan lebar. Volume bagasinya tidak terlalu besar tapi cukup untuk menaruh barang-barang keperluan riding, plus laci-laci kecil di depan.

Khusus varian termahal fiturnya ada stop & start system (SSS), keyless (smart key) yang di dalamnya disematkan Answer Back System, Anti-lock Braking System (ABS) satu channel. Terbaru kini sudah dibenamkan fitur konektivitas melalui aplikasi Y-connect dan Handlebar Switch Control.

Sisanya ada speedometer full digital dengan tampilan negatif (negative display), lampu depan dan stoplamp sudah mengadopsi teknologi LED, Electric Power Socket untuk pengisian baterai smartphone, serta lampu hazard sebagai tanda darurat ketika berhenti di pinggir jalan.

Family Lexi LX 155 punya tiga varian, ada tipe standar, S version dan Connected/ABS. Masing-masing dibedakan dengan perbekalan fitur. Saat ini mereka dilego Rp25,350 juta, Rp26,850 juta dan Rp29,9 juta OTR DKI Jakarta.

Yamaha Aerox 155

Yamaha Aerox 2022

Meski secara konstruksi tidak sama dengan Lexi LX, All New Aerox 155 dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai tunggangan sehari-hari yang bisa diandalkan. Pijakan kakinya terkesan sporty. Berikut posisi stang yang cenderung rendah dan tidak lebar.

Dari segi teknis mesin dan kemampuannya bisa dibilang cukup memadai. Menggendong enjin 155 cc, SOHC, berpendingin cairan, dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Membuat torsi merata di setiap putaran mesin. Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 15,1 Hp di 8.000 rpm serta torsi 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm.

Buat menunjang kenyamanan sehari-hari, fitur yang ada padanya cukup fungsional. Khusus tipe tertinggi sudah terpasang suspensi ganda (tabung) di belakang, keyless (smart key) dengan Answer Back System, Anti-lock Braking System (ABS) satu channel dan Y-connect.

Lainnya ada bagasi besar, tangki bensin 5,5 liter, electric power socket, LED headlamp & stoplamp, Hazard Lamp, Speedometer full digital dengan Multi Information Display (MID), Stop & Start System (SSS) dan Smart Motor Generator (SMG), Handlebar Switch Control, ban tubeless lebar, hingga Stand side switch.

All New Aerox 155 saat ini punya tiga varian. Ada Connected/ABS yang dijual Rp30,960 juta, CyberCity Rp27,375 juta dan Standard Rp27,175 juta. Semua dibedakan dengan kelengkapan fitur dan motif desain pada panel bodi. Harganya berstatus OTR DKI Jakarta.

Yamaha NMax 155

Yamaha Nmax

Sejak rilis perdana, Nmax selalu dianggap skutik yang sangat fungsional. Dapat diandalkan untuk berkegiatan sehari sehari bahkan buat perjalanan luar kota maupun touring. Banyak faktor untuk mendukung hal itu. Mulai dari performa hingga fiturnya.

Wujudnya proporsional, begitu pula konstruksinya. Nyaman digunakan di segala situasi. Ruang kaki dan posisi duduk sangat santai. Kaki bisa rebah memanjang ke depan, ditambah jok empuk dengan besar pas. Stang juga lebar dan berposisi cukup tinggi. Alhasil, berkendara dekat maupun jauh tidak cepat pegal.

Paket mesin yang ditawarkan juga tak kalah penting. Menggendong enjin 155 cc SOHC, Liquid Cooled 4-stroke. Teknologi andalannya tetap Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Selain lebih bertenaga serta irit bahan bakar, teknologi itu juga menyajikan torsi yang merata di setiap putaran mesin. Dirinya punya tenaga maksimal mencapai 15,1 hp di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm.

Soal kapasitas bagasi juga cukup besar. Bisa buat menaruh satu helm ditambah beberapa barang kecil. Saku di balik tameng ada dua, sisi kiri ada electric power socket dan kanan bisa buat menyimpan barang kecil yang disertakan dengan penutup.

Berbeda dengan keluarga Maxi di kelas 155, All New Nmax punya fitur lebih komplet. Khusus varian tertinggi punya Traction Control System. Berfungsi agar ban belakang tidak selip ketika gas dipuntir secara spontan. Ditambah ABS dua channel, bikin roda tidak terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Serta kunci kontak model keyless.

Fitur lainnya ada sistem konektivitas Y-connect headlight dan taillight full LED, hazard lamp, side stand switch, hingga suspensi belakang dengan tabung. Lalu ada Stop & Start System (SSS) agar konsumsi bahan bakar lebih efisien. Dikombinasikan dengan Smart Motor Generator (SMG), teknologi suara motor menjadi sunyi ketika dinyalakan.

Sama seperti Maxi 155 lain, ia punya tiga varian, ada Standard, S version dan Connected/ABS. Saat ini masing-masing dibanderol Rp31,615 juta, Rp32,625 juta dan Rp35,750 juta OTR DKI Jakarta. Semuanya dibedakan dengan fitur yang dibawanya.

Pilih Mana?

Yamaha Lexi LX 155

Jika membandingkan semuanya, seluruh varian Maxi 155 series sangat pantas buat dipakai harian. Footboard rata dan luas bisa jadi keunggulan yang ditawarkan Lexi LX. Bagi pengendara yang sering bawa barang banyak, tentu ini sangat membantu. Rider wanita yang punya tinggi rata-rata di bawah 165 cm juga tetap nyaman. Sementara Aerox cocok untuk anak muda karena berpenampilan sporty. Sedangkan All New NMax merupakan pilihan bijak buat berkegiatan sehari-hari. Bagasinya luas dan varian tertinggi punya fitur keamanan yang sangat bermanfaat. Pilihannya tinggal sesuaikan kebutuhan dan bujet masing-masing. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Pilihan Motor yang Harganya Selisih Sedikit dari Yamaha Lexi LX 155

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

Artikel Motor Yamaha dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    Anjar Leksana . 19 Nov, 2024
  • Yamaha Indonesia Hadirkan Fazzio Youth Festival, Ada Kompetisi Antarsekolah
    Yamaha Indonesia Hadirkan Fazzio Youth Festival, Ada Kompetisi Antarsekolah
    Zenuar Yoga . 18 Nov, 2024
  • ENEOS Sukses Bawa Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World SSP300
    ENEOS Sukses Bawa Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World SSP300
    Zenuar Yoga . 31 Okt, 2024
  • Yamaha Rilis Warna Baru Grand Filano di IMOS 2024
    Yamaha Rilis Warna Baru Grand Filano di IMOS 2024
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Bangkit Jaya Putra . 05 Agu, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
    Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
    Anjar Leksana . 25 Agu, 2023
  • First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Menarik, Fitur Tepat Manfaat
    First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Menarik, Fitur Tepat Manfaat
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2023