Suksesor Yamaha R15 atau Version 4 debut perdana di Negeri Bharata. Mereka bahkan mempublikasi dua varian sekaligus. Selain reguler, perusahaan turut pamer edisi spesial R15M. Unit termurah didagang mulai dari Rs 167,800 atau Rp32,4 juta. Lantas R15M Monster Energy Yamaha MotoGP Edition ditawarkan Rs 179,800 setara Rp34,7 juta. Harga itu lebih miring dibanding model eksis di Indonesia Rp37 jutaan. Dan sangat besar kemungkinan di Tanah Air dapat rombakan serupa.
“Di bawah slogan merek ‘The Call of the Blue’, Yamaha meluncurkan produk perdana dunia YZF-R15 V4 di India. Ini menunjukkan pentingnya pasar India dalam rencana global kami. YZF-R15 V4 membawa DNA balap yang sama dengan YZF-M1 & YZF-R1. Motor sport ini bakal memberi pelanggan semua teknologi terbaru yang dibikin Yamaha. Membawa sensasi balap ke tingkat yang baru. Juga memberi pengalaman lebih besar untuk penggemar R15. Yamaha terus menyediakan produk & layanan terbaik pada masa mendatang,” ucap Motofumi Shitara, Chairman, Yamaha Motor India Group of Companies (21/9).
YZF-R15 merupakan sepeda motor berjenis sport – kubikasi kecil – pertama Yamaha dengan fitur Traction Control System. Perangkat mengatur waktu pengapian dan volume injeksi bahan bakar secara instan. Kemudian menyesuaikan output daya mesin untuk menghindari selip berlebihan. Ia juga merupakan sepeda motor silinder tunggal Yamaha pertama yang memiliki fitur quick-shifter (jadi standar di YZF-R15 V4 Racing Blue dan YZF-R15M).
Fungsinya membuat perpindahan gigi ke atas semakin mulus, akselerasi tambah tangkas tanpa pakai kopling. Kalau mau kurangi posisi gigi harus tarik tuas kopling. Sistem aktif ketika kecepatan bergerak motor mulai dari 20 km/jam. Putaran enjin pada atau lebih dari 2.000 rpm dan saat berakselerasi kencang.
Lalu ia memiliki Y-Connect seperti di NMax. Saat terhubung dengan ponsel pintar, Anda bisa melihat lokasi parkir. Kemudian memberikan notifikasi di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan email masuk ke smartphone. Terus membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu). Serta memberikan rekomendasi untuk perawatan rutin. Manfaat lain berupa analisa pemakaian bahan bakar saat berkendara. Ada notifikasi melalui aplikasi dan surel jika terjadi masalah pada motor.
Baca Juga: Yamaha Vixion R 2021 Tampil dengan Warna Baru
Ia tetap menggunakan jantung pacu 155 cc silinder tunggal, liquid cooled 4-stroke, SOHC, 4 valve, VVA. Tenaga yang dilecutkan Yamaha R15 V4 menyentuh angka 18,4 PS di 10.000 rpm. Lalu tendangan torsi mencapai 14,2 Nm pada 7.500 rpm. Tipe kopling memakai Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch. Daya disalurkan menggunakan girboks manual enam percepatan.
Nah, inspirasi rancangan tubuh Yamaha R15 berasal dari YZR-R7. Bentuk muka hingga lakukan bodi amat mirip. Fairing depan jelas berbeda dari R15 di Indonesia. Windshield kian menjulang dan besar. Nuansa sporty semakin menyeruak. Lihatlah tampilan sorot utama memakai proyektor tunggal dan memiliki rongga. Mereka menyebut sebagai M-Duct. Kemudian visual gahar muncul melalui garis tajam DRL LED di kedua sisi yang mengapit lampu depan. Berkat desain fairing, turut mengurangi koefisien drag dari 0,307 CdA menjadi 0,293 CdA. Tinggal menunggu waktu saja kapan Yamaha Indonesia merilis produk serupa di sini. (Alx/Odi)
Baca Juga: Transformasi Yamaha R15M 2022 Terungkap, Indonesia Pasti Kebagian!
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.