Yamaha Meluncurkan YZF-R9 2025, Tapi Bukan Menggantikan R6
Yamaha Motor Corporation telah meluncurkan seri R terbarunya, YZF-R9 2025. Ini bukan pengganti dari R6 yang produksinya dihentikan pada tahun 2020, tetapi merupakan konsep yang sepenuhnya baru. Motor ini diposisikan sebagai kendaraan serbaguna dengan tenaga yang besar.
YZF-R9 2025 dirancang oleh Yamaha untuk mendefinisikan kembali kategori Supersport. Motor ini mengkombinasikan performa tinggi di lintasan dengan kemudahan penggunaan di jalan raya, berkat distribusi tenaga yang luas dan halus, kemudahan pengendalian, ergonomi yang ramah pengguna, serta dilengkapi dengan serangkaian peralatan canggih.
Insinyur Yamaha mengembangkan R9 dari dasar dengan menggunakan rangka Deltabox yang dibuat melalui proses pengecoran gravitasi. Material aluminium yang sangat ringan digunakan, menjadikan ini sebagai rangka teringan yang pernah ada pada model supersport Yamaha, berperan penting dalam membatasi berat motor hingga 430 pon (195 kg).
Untuk kenyamanan di jalan raya dan performa di lintasan balap, posisi setang clip-on dirancang tidak terlalu rendah atau tinggi, sehingga pengendara dapat menikmati posisi berkendara yang sporty tanpa mengorbankan kenyamanan.
Yamaha menyatakan bahwa ini adalah motor sport dengan aerodinamika terbaik yang pernah mereka buat hingga saat ini. Winglet yang terpasang tidak hanya sebagai aksesori, tetapi memiliki fungsi penting untuk memberikan downforce saat berada di lintasan.
Secara keseluruhan, motor sport Yamaha ini menampilkan garis bodi yang lebih tegas dibandingkan model R lainnya. Dimensi motor ini lebih besar dari R7, ditandai dengan tangki yang lebar. Desain jarak pijakan kaki ke jok yang lebih jauh meningkatkan kenyamanan saat berkendara di jalan raya.
R9 dilengkapi dengan mesin CP3 890cc yang identik dengan MT-09 dan MT-09 SP. Mesin ini memiliki konfigurasi DOHC, pendingin cairan, tiga silinder segaris, 12 katup, bore 78,0 mm, stroke 62,1 mm, dan rasio kompresi 11,5:1.
Mesin ini telah disesuaikan dengan ECU baru dan radiator yang lebih besar. Ia juga diatur untuk memberikan akselerasi dan kecepatan yang lebih mengesankan daripada MT-09, dengan sproket belakang yang lebih kecil (16/45 dibandingkan 16/43).
Hampir semua komponen utama, mulai dari piston, batang penghubung, poros engkol, poros bubungan, hingga bak mesin, telah didesain ulang untuk mengurangi bobot dan meningkatkan torsi.
Namun, pabrikan belum memberikan informasi detail tentang tenaga atau torsi. Untuk perbandingan, XSR900 yang menggunakan mesin serupa menghasilkan tenaga 106 hp pada 9.970 rpm dan torsi 85 Nm pada 7.030 rpm.
Suspensi menggunakan fork peredam terpisah (SDF) 43 mm terbaru dari KYB yang sepenuhnya dapat diatur. Pengaturan redaman kompresi ada di sisi kiri, sedangkan redaman pantulan dan preload di sisi kanan. Untuk shock belakang, juga digunakan produk KYB dengan spesifikasi tinggi. Untuk sistem pengereman, Yamaha menggunakan kaliper rem depan Brembo Stylema yang terhubung ke saluran rem berlapis baja dan beroperasi pada cakram berdiameter 320 mm, sementara bagian belakang menggunakan kaliper satu piston dengan cakram 220 mm.
R9 hadir dengan paket elektronik berfitur lengkap. Sistem yang tersedia meliputi Power Deliver Mode (PWR) empat level, Traction Control System (TCS) sembilan level yang peka terhadap kemiringan, Lift Control System (LIF) tiga level, Slide Control System (SCS) tiga level, Engine Brake Management (EBM) dua level, Back Slip Regulator (BSR), Brake Control System (BC) yang peka terhadap kemiringan, Launch Control (LC), fungsi mati ABS belakang dan quickshifter dua arah generasi ketiga Yamaha.
Tersedia empat mode berkendara yang telah dirancang sebelumnya (Sport, Street, Rain, dan Track), ditambah dua mode yang dapat disesuaikan. Semua ini dapat disesuaikan melalui layar TFT 5 inci terbaru, yang dapat terhubung ke ponsel pintar melalui teknologi Y-Connect. Ini berarti pengendara dapat mengakses pengaturan mode YRC, aplikasi Garmin StreetCross NAV, lokasi parkir terakhir, informasi berkendara, dan email/teks/panggilan telepon/cuaca/musik. (Bgx)
Baca Juga: Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M Makin Aerodinamis dengan Winglet
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Yamaha Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor Yamaha dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test