Yamaha MT-10 2022 Bersiap Debut di EICMA 2021

2022 Yamaha MT-10

Yamaha menyiapkan MT-10 dan MT-10SP 2022 untuk tampil di EICMA November nanti. Kedua model naked mendapat revisi penting, termasuk desain baru dan mesin yang lebih kuat karena mengambil punya R1

Sejak peluncuran aslinya pada akhir 2015, MT-10 menggunakan nama kode internal “RN45″ di dalam katalog Yamaha. Versi dasarnya adalah RN45 A, sedangkan model SP dengan suspensi elektronik Ohlins adalah RN45 B. Untuk model year 2022, identitas itu berubah dengan MT-10 dan MT-10SP baru, yang masing-masing diberi nama “RN78 A” dan “RN78 B”. Dari situ diketahui pula detail naked bike 1.000cc termasuk jenis mesin, berat, dan dimensi. Semuanya menunjukkan perubahan.

2022 Yamaha MT-10

Baca Juga: Geser Peran R6, Yamaha Kenalkan YZF-R7 Dua Silinder di Eropa

 

Versi dasar dan SP dari MT-10 2022 masih dibedakan dari kelengkapan saja. Keduanya memakai mesin sama, unit CP4 998cc empat silinder yang berasal dari YZF-R1. Mereka juga mendapatkan sistem knalpot dan peredam suara direvisi.

Hasil dari pembaruan meningkatnya tenaga dari 118 kW (158,2 hp) menjadi 122 kW (163,6 hp), dengan puncak di 11.500 rpm. Torsi juga naik, dari 81,9 lbft menjadi 82,6 lbft (112 Nm) di 9.000 rpm. Perubahan kecil, tetapi positif lantaran emisi yang lebih rendah. Sebagai hasil dari tenaga ekstra, baik MT-10 dan MT-10SP mampu meraih kecepatan tertinggi sebesar 155 mph (249 kpj) atau naik 3 mph (5 kpj).

2022 Yamaha MT-10

Meski gambar resmi belum muncul, kita tahu MT-10 2022 punya bodi dan dimensi berbeda. Ada peningkatan fraksional dalam jarak sumbu roda, dari 55,1 inci (1.400 mm) menjadi 55,3 inci (1.405 mm), dan panjang keseluruhan bertambah dengan jumlah yang sama, dari 82,5 inci (2.095 mm) menjadi 82,7 inci (2.100 mm). Karena ukuran roda dan ban tidak berubah -depan 120/70ZR-17, belakang 190/55ZR-17- perubahan panjang dapat menyiratkan perubahan geometri kemudi atau suspensi. Lebar tetap 31,5 inci (800 mm), tetapi 2022 MT-10 secara signifikan lebih tinggi dari pendahulunya. Model lama memiliki tinggi 43,7 inci (1.110 mm) tetapi yang baru adalah 45,9 inci (1.165 mm) dalam bentuk terendah. 

Mengingat perubahan gaya MT-09, MT-07, dan MT-03 yang lebih kecil, sekarang semuanya memiliki satu lampu depan kecil yang diapit oleh strip LED. Kemungkinan keluarga MT terbesar ini bakal mengikutinya. Model MT lainnya juga telah mengadopsi gaya yang direvisi untuk asupan udara di kedua sisi tangki bahan bakar. Tampaknya menggunakan plastik warna bodi dari pada hitam kontras.

Perubahan berat juga cukup signifikan. Model anyar dikatakan lebih berat 4,4 pon (2 kg) dari pendahulunya. Bila termasuk bahan bakar, bobot menjadi 467,4 pon (212 kg) untuk model dasar. Sedangkan versi SP yang diharapkan masih pakai suspensi Ohlins sebesar 471,8 pon (214 kg). (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Yamaha MT-25 2021 Dapat Penyegaran 2 Warna Baru

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

Artikel Motor Yamaha dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    Anjar Leksana . 19 Nov, 2024
  • Yamaha Indonesia Hadirkan Fazzio Youth Festival, Ada Kompetisi Antarsekolah
    Yamaha Indonesia Hadirkan Fazzio Youth Festival, Ada Kompetisi Antarsekolah
    Zenuar Yoga . 18 Nov, 2024
  • ENEOS Sukses Bawa Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World SSP300
    ENEOS Sukses Bawa Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World SSP300
    Zenuar Yoga . 31 Okt, 2024
  • Yamaha Rilis Warna Baru Grand Filano di IMOS 2024
    Yamaha Rilis Warna Baru Grand Filano di IMOS 2024
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Bangkit Jaya Putra . 05 Agu, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
    Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
    Anjar Leksana . 25 Agu, 2023
  • First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Menarik, Fitur Tepat Manfaat
    First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Menarik, Fitur Tepat Manfaat
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2023