JAKARTA – Kalau mau jujur, Yamaha MT-15 punya gabungan banyak hal menarik. Wajah tampan seperti Xabre, kemampuan seimpresif milik Vixion-R. Dua elemen itu dijawab Yamaha dengan menghadirkannya tahun lalu. Yamaha MT-15 kental dengan gaya naked bikenya, baik dari segi tampilan dan kemampuan. Paket ini dijual Rp 36,93 juta OTR Jakarta. Memang agak tinggi ketimbang kompetitor sekelasnya, meski keunggulannya segudang. Menariknya, nilai bekas MT kini mulai terdepresiasi, bahkan kurang dari Rp 30 juta!
Hasil pencarian di portal jual beli sebetulnya tak begitu banyak. Ini bisa dimaklumi, lantaran usianya baru setahun. Para pemilik mungkin masih getol-getolnya menikmati motor impian mereka. Belum rela menyerahkan ke tangan ke orang lain. Karena itu, Anda perlu cermat memilih, lantaran opsinya sedikit.
Terlepas itu, nominal yang ditawarkan serba menarik. Untuk filterisasi Kota Jakarta misalnya, hampir tak ada yang menjual lebih dari Rp 30 juta. Rata-rata mulai Rp 26 sampai Rp 29 juta. Itupun masih bisa dinegosiasi.
Lain cerita di luar Jabodetabek, terutama Jawa Tengah, Timur, Kalimantan, serta Sumatra. Kebanyakan masih menjual di Rp 30 jutaan. Kemungkinan besar disebabkan perbedaan harga saat masih baru. Lumrah terjadi di setiap merek.
Masih Gress
Toh tetap saja menarik. Selisihnya lumayan ketimbang menebus dari diler. Lagipula kondisinya masih gres. Usianya baru sebentar, minim risiko mendapat unit mengenaskan. Paling-paling butuh perhatian di area bodi. Kita tahu, seapik-apiknya memelihara, kadang ada saja kerusakan disebabkan orang lain. Entah ditabrak, atau tersenggol di area parkir.
Urusan teknis mestinya dapat berjalan normal. Namun perlu diingat, khusus yang memilih keluaran awal hingga pertengahan 2019, fasilitas servis gratis biasanya mulai habis. Komponen fast moving yang krusial juga boleh jadi sudah aus. Perlu diremajakan.
Paling tidak siapkan dana tambahan untuk penggantian oli, servis rutin, serta pengecekan menyeluruh. Ada baiknya saringan udara, busi, injector, sampai area penggerak turut diperiksa. Bengkel resmi Yamaha tentu masih menyediakan pelayanan beserta spare part lengkap. Tak perlu khawatir.
Baca Juga: Jarang Disadari, Tiga Naked Bike ini Bisa Ditebus dengan Budget Skutik
Seberapa Memikat Performanya?
Yamaha MT-15 memiliki kelengkapan serta performa paling baik. Walaupun Suzuki dengan GSX-S150 mengekor dekat, berikut harganya jauh di bawah. Tapi mana lagi yang menyediakan fitur assist dan slipper clutch? Dua perangkat ini cukup berpengaruh terhadap pengendaraan. Selain tuas kopling lebih halus, perpindahan gigi - terutama down shifting - bakal menghilangkan gejala ban terkunci.
Perbedaan output dengan GSX pun lebih besar meski tak signifikan. Dapur pacu 155 cc SOHC empat katup berhasil menorah angka 18,7 Hp/10.000 rpm serta torsi 14,7 Nm/8.500 rpm. Ia juga dibekali teknologi Variable Valve Actuation (VVA), untuk distribusi tenaga tepat guna serta merata. Cukup terdepan.
Motor ini dirancang serius. Rangka Delta Box dipadukan tipe fork upside down untuk mengoptimalisasi pengendalian. Tentunya selain memberi dampak pada akurasi di tikungan, berpengaruh pula terhadap tampilan. Rasanya siapapun setuju tampangnya bengis dan kekar bukan? Sementara penopang belakang, memakai model suspensi tunggal, bersangga ke swing arm aluminium.
Baca Juga: Pahami 10 Keunggulan Yamaha MT-15
Kelengkapan Fitur
Fitur? Tak perlu ditanya lagi. Instrumen digital senantiasa menunjukan semua data fundamental. Tak hanya kecepatan, putaran mesin, posisi gear, serta penunjuk waktu. Disiapkan dua data trip meter, lengkap dengan catatan konsumsi bahan bakar, baik rata-rata maupun real time. Bahkan average speed bakal terekam juga di layar biru negatif display.
Pencahayaannya optimal. Lampu utama sudah LED, dipancarkan lensa proyektor. Selain hemat daya dan terang, model begini lebih fokus menentukan arah cahaya. Dioda turut digunakan juga pada tail light. Satu hal saja yang disayangkan, belum ada opsi ABS, serta sistem keyless. Sisanya boleh dibilang memuaskan.
Bicara desain, rasanya MT-15 begitu mudah disukai. Terutama jika dilihat dari depan, menunjukkan kesan bengisnya. Rumah lampu utama bak topeng itu rasanya berhasil menarik perhatian. Apalagi dijejali tabung suspensi besar tadi.
Tampilan samping dan belakang juga enak dilihat. Guratnya merepresentasikan keluarga MT: Tajam, maskulin dan sporty. Ukuran ban lebar di depan dan belakang pun tampak proporsional, apalagi disediakan pelek palang beropsi warna cerah. Sementara kelir tubuhnya dibagi tiga pilihan: Matte Grey, Metallic Black, serta Matte Blue. Masing-masing dikombinasikan tema warna roda berbeda, tinggal sesuaikan dengan selera. (Hlm/Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.