Yamaha MT-15 dan R15, Satu Saudara Beda Rasa
JAKARTA, Motovaganza.com – Yamaha punya dua produk yang kerap disanding dan dibanding-bandingkan; Yamaha MT-15 dengan Yamaha R15. Yang satu masuk kategori sport sedangkan yang lain adalah naked bike. Meski sekilas pandang beda tampilan, tapi tak dipungkiri cukup banyak persamaan dari keduanya. Yamaha R15 lebih dulu mendapatkan pengembangan dari pihak pabrikan. Lantas apa saja persamaan antara MT-15 dan R15?
All New R15 diperkenalkan pada 2017 silam dengan berbagai penawaran serbabaru. Tampilan mendapat beberapa ubahan. Fitur yang ditanamkan terhadapnya pun berbeda jauh dari R15 edisi lama. Namun, bukan berarti peruntukannya semata-mata buat keluarga R-Series terkecil. Pemikiran agar perangkat itu bisa dikawinkan dengan produk lain, pasti ada di benak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Sama halnya perlakuan mereka terhadap produk yang rilis setelah R15. Contohnya terlihat kala pemegang merek meluncurkan Yamaha MT-15 (2019). Secara penyajian, tampilan ala street fighter begitu menggoda. Sosok kekar dari kuda besi ini pun makin kental nuansa MT-Series bermesin besar. Terlepas dari itu, beberapa sematan pada tubuh MT-15 merupakan hasil turunan dari R15.
Lalu apa saja persamaannya?
Baca juga: Menyingkap Keunggulan Mesin Yamaha YZF R15 Dibanding Lawannya
Mesin
Sebagai produk terbaru, sudah seharusnya MT-15 mengedepankan teknologi anyar. Seperti pengaplikasian jantung mekanis. Naked bike satu ini sudah menggunakan mesin baru berkapasitas 155 cc. Sudah dilengkapi pula dengan Variable Valve Actuation (VVA). Adanya selenoid actuator serta intake low cam dan intake high cam, memungkinkan performa enjin MT-15 merata di setiap putaran. Hal inilah yang diterapkan lebih dulu oleh Yamaha R15. Bahkan, menyangkut kemampuannya pun tak ada beda. Yamaha MT-15 juga memiliki daya 19 hp/10.000 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm di putaran mesin 8.500 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi 6-percepatan, sama persis dengan si motor fairing. Rasanya ini juga yang menjadi alasan MT-15 juga memakai knalpot kepunyaan R15.Assist & Slipper Clutch
Dapat dikatakan MT-15 atau R15 siap memberikan tendangan, baik di putaran bawah maupun atas. Yamaha R15 disusupi fitur Assist & Slipper Clutch (ASC). Selain bertujuan memudahkan aktivitas pergantian transmisi, fitur ini juga berfungsi untuk mengurangi gejala roda terkunci saat pengendaranya menurunkan gigi secara cepat. MT-15 punya kemampuan serupa, maka wajar kalau dia pun disisipi perangkat ini. Baca juga: FEATURE: Ini Alasan Yamaha RX King Tetap Jadi LegendaRoda
Secara desain roda MT-15 lebih keren. Desain peleknya kekinian, ditambah kelir yang nyentrik ketimbang R15. Tapi karena ada ASC tadi, ramuan jitu juga mestinya merujuk kepada pemilihan ukuran ban. MT-15 menggunakan size 140/70-17 (belakang), diimbangi ban depan 110/70-17. Namun, khusus karet bundar belakang punya ukuran sama dengan milik R15. Sudah pasti bertujuan supaya 'sepatu' mereka punya tapak lebih luas ke aspal. Dengan begitu, kinerja ASC juga makin optimal. Sistem pengereman pun serupa. Sama-sama mengandalkan cakram ganda, tanpa Anti-lock Braking System (ABS). Agak disayangkan, kaki-kaki mencolok dari MT-15 mestinya semakin keren jika diselaraskan dengan sematan disc brake model bergelombang (wavy disc).Swingarm
Persamaan lain antara MT-15 dan R15 terlihat pada desain swing arm. Saat All New R15 meluncur, inilah salah satu bagian yang diekspos Yamaha Indonesia. Sekilas bentuknya sama (melengkung) dengan R15 lama. Tapi, R15 baru punya wujud lebih kompak. Bagian ini diklaim menunjang penurunan bobot R15 baru. Namun, tetap kokoh karena terbuat dari material aluminium, sehingga berdampak positif pada kestabilan handling. Dan, lengan ayun ini pula yang kemudian digunakan MT-15. Baca juga: Hadapi Corona, Dealer Yamaha Ini Layani Konsumen dengan Home ServiceSuspensi
Berkaitan dengan pengendalian, tentu menyangkut beberapa aspek. Salah satunya sasis deltabox juga dapat Anda temui pada MT-15. Menyoal satu ini memang tak bisa dikatakan meniru R15, meski bentuknya sama. Pasalnya, rangka demikian sudah menjadi andalan pihak garpu tala sejak lama. Termasuk pemasangan suspensi depan upside down (USD). Model suspensi terbalik ini sudah ada di Yamaha Xabre, yang duluan meluncur sebelum MT-15. Diameternya pun serupa 37 mm, baik pada Xabre, R15 dan MT-15.Panel Meter
Bicara soal panel meter, pasar bakal menyukai tampilan MT-15 daripada Xabre. Seluruh indikatornya sama-sama disajikan secara digital. Tapi MT-15 punya penampang lebih besar. Utamanya informasi putaran mesin, kecepatan dan kapasitas bahan bakar. Menggugah pengendara untuk merasakan impresi lebih dari tunggangannya. Belum lagi soal keberadaan gear position, yang tak dapat ditemui pada Xabre. Berikut pula shift timing light, untuk memudahkan Anda dalam penggantian transmisi. Mengenai terapan paling akhir ini, tak dipungkiri mencomot kepunyaan Yamaha R15. Baca Juga: Tilik Persamaan Yamaha MT-15 dan R15, Ternyata Banyak! ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIANArtikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test