Yamaha Punya Lawan Tangguh Honda CB150X, Namanya Crosser 150

Yamaha Crosser 150

Seolah merespons kelahiran Honda CB150X, Yamaha meluncurkan Crosser 150. Tapi bukan di Indonesia, melainkan Brasil. Dirancang untuk mengisi segmen entry level sport adventure di Negeri Samba. Dari laman resmi Yamaha Brasil, Crosser 150 mengusung DNA motor petualang yang kental namun bisa diandalkan untuk mobilitas harian dengan konstruksi yang diusung. Motor ini tersedia dalam 2 varian: Crosser 150 S ABS dan Crosser 150 Z ABS.

Di pasar domestik, baru Honda yang punya produk motor sport adventure 150 cc. Tentu banyak konsumen berharap, pabrikan lain juga segera menetaskan pesaingnya. Tak menutup kemungkinan jika Crosser 150 yang meluncur di Brasil menjadi jawabannya.

Yamaha Crosser 150

Soal tampilannya, Yamaha Crosser 150 tampak tinggi dan kokoh dengan bodi minimalis. Sementara varian Z terasa lebih gagah berkat sepatbor depan model paruh burung yang lebih panjang. Kedua varian dibangun dari platform yang sama. Lampu depannya identik, termasuk mengaplikasian windscreen mungil di atas headlamp. Kesan sporty dituangkan lewat komponen shroud di sisi kiri dan kanan yang punya dimensi cukup panjang. Visual tangkinya juga cukup unik berpadu manis dengan desain jok.

Adapun untuk tampilan belakang, motor ini menggunakan semacam komponen behel yang terlihat kokoh dan hadir pula rak untuk membawa barang. Desain komponen itu mengambil paten dari sebuah motor petualang.

Baca Juga: Honda CB150X Ciptakan Segmen Baru Motor Adventure Bermesin 150 cc

 

Spesifikasi

Yamaha Crosser 150

Rangkanya menggendong mesin berkubikasi 149 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi. Dari lembar spesifikasi, motor ini mampu menghempaskan tenaga maksimal 12,2 hp dan torsi puncak di 12,74 Nm. Output tersebut disalurkan langsung lewat roda belakang lewat sistem transmisi 5-percepatan.

Sementara untuk volume tangki bahan bakarnya bisa menenggak bensin sampai 12 liter, cukup besar untuk sebuah motor 150 cc. Motor ini punya berat total sampai 134 kilogram, tinggi jok 845 mm, dengan pengaplikasian velg ukuran belang 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Kesan petualangnya makin kental berkat penggunaan velg model jari-jari dengan balutan ban dari Metzeler Tourance.

Yamaha Crosser 150

Soal fitur, sayangnya tak ada yang spesial dari Yamaha Crosser 150. Sistem penerangan masih pakai tipe bohlam biasa, panel meternya juga masih kombinasi analag dan digital. Kendati demikian, Yamaha sudah melengkapinya dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) 1-channel di roda depan. Fitur ini memang sudah jadi standar di beberapa line-up motor yang fungsinya menghindari ban terkunci ketika melakukan pengereman mendadak.

Di pasar Brasil, Yamaha Crosser 150 diniagakan dalam banderol 15.590 real atau setara Rp38,7 juta untuk varian S ABS. Sementara tipe Z ABS dilabeli 15.790 real atau Rp39,2 juta. Bagaimana, apakah Yamaha Crosser 150 cocok masuk pasar Indonesia untuk meladeni Honda CBX150? (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Yamaha WR 155 R Berseragam Monster Energy, Lebih Mahal Rp500 Ribu

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

Artikel Motor Yamaha dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    QJ Motor Mengeluarkan Skutik Mirip Yamaha Aerox
    Anjar Leksana . 19 Nov, 2024
  • Yamaha Indonesia Hadirkan Fazzio Youth Festival, Ada Kompetisi Antarsekolah
    Yamaha Indonesia Hadirkan Fazzio Youth Festival, Ada Kompetisi Antarsekolah
    Zenuar Yoga . 18 Nov, 2024
  • ENEOS Sukses Bawa Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World SSP300
    ENEOS Sukses Bawa Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World SSP300
    Zenuar Yoga . 31 Okt, 2024
  • Yamaha Rilis Warna Baru Grand Filano di IMOS 2024
    Yamaha Rilis Warna Baru Grand Filano di IMOS 2024
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Bangkit Jaya Putra . 05 Agu, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
    Sensasi Berdansa Bersama Yamaha WR 155 R di Padang Pasir dan Pegunungan Bromo
    Anjar Leksana . 25 Agu, 2023
  • First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Menarik, Fitur Tepat Manfaat
    First Ride Yamaha Grand Filano: Desain Menarik, Fitur Tepat Manfaat
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2023