Dikembangkan dengan konsep Blue Core, Yamaha Jepang rilis Nmax 2023. Kalau dilihat sepintas mirip dari model yang ada di Indonesia. Tapi jika amati secara saksama, ada sejumlah perbedaan. Pabrikan berlambang garpu tala ini melego unit 379.500 yen (sudah termasuk pajak pembelian) atau setara Rp40,27 juta. Sedangkan di Indonesia tipe paling murah dijual Rp31,61 juta. Selain harga, lantas apa saja perbedaannya?
Pertama, Nmax ABS 2023 di Jepang memang menggunakan sistem pengereman ABS di depan. Tapi sepasang suspensi belakang pakai single tube, bukan berjenis sub tank seperti di Indonesia. Untuk jenis bertabung tambahan ini, sejumlah pabrikan termasuk Yamaha mengklaim sanggup meredam getaran lebih baik saat melintasi jalanan bergelombang.
Yamaha Nmax versi sana juga tidak memiliki fitur Y-Connect. Padahal perangkat ini bisa memudahkan pengendara dalam mendapatkan informasi. Misal, notifikasi telepon atau pesan masuk di dashboard motor. Informasi konsumsi bahan bakar, lokasi parkir terakhir saat terhubung aplikasi. Ada rekomendasi perawatan penunjuk kondisi aki dan oli, peringatan malfungsi, sampai dengan fitur revs dashboard menarik bagi pengguna.
Baca Juga: Yamaha Aerox 2023 Kini Dapat Traction Control System
Kemudian Yamaha Nmax ABS 2023 di Jepang mengusung mesin 125 cc, bukan 155 cc seperti di Tanah Air. Enjin Blue Core ini sudah berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Ia menggunakan pendingin air radiator, 4-tak, SOHC, empat katup. Ukuran diameter kali langkah 52 x 58,7 mm dan rasio kompresi 11,21. Gerak piston tunggal dan sistem pengabutan injeksi memberikan tenaga maksimal 9,0 kW (12 PS) di 8.000 rpm dan torsi tertinggi diraih 11 Nm (1,1 kgf.m) pada 6.000 rpm. Transfer daya melalui transmisi CVT (V-belt). Kelengkapan lain ada di tabel:
Format Sasis |
Underbone |
|
Caster Angle |
26°30′/100 mm |
|
Ukuran Ban |
Depan 110/70-13M/C 48P dan Belakang 130/70-13M/C 63P (tubeless) |
|
Jenis Pengereman (depan/belakang) |
Rem Cakram Tunggal Hidrolik (ABS di depan) |
|
Sistem Suspensi (depan/belakang) |
Teleskopik / Single Tube |
|
Jenis Headlamp |
LED |
|
Kapasitas Berkendara |
2 Orang |
Untuk kelengkapan, ia turut dibekali fitur Traction Control System (TCS) supaya aman dikendarai saat jalan licin. Terus tersisip Idling Stop System (ISS) agar menghemat bahan bakar plus sistem keyless demi kepraktisan berkendara. Tapi kalau dilihat secara utuh, model di Indonesia jauh lebih komplet dibanding di sana. Fakta lain, Nmax 2023 spesifikasi Jepang ini juga dibuat oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). (Alx/Odi)
Baca Juga: Skutik Maxi Yamaha yang Paling Nyaman Dipakai Harian
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.