Yamaha TMAX dan TMAX Tech model 2022 resmi diluncurkan. Sementara baru tersedia untuk pasar Eropa dulu. Model terbaru mendapat ubahan desain, rangka, konstruksi kaki-kaki, dan penambahan fitur canggih.
Konstruksi diklaim baru memakai bahan alumunium. Selain lebih ringan, penggunaan frame itu juga berefek pada handling motor yang semakin baik. Dijelaskan turut merevisi posisi berkendara menjadi sedikit lebih maju. Hal ini membuat rider memiliki posisi yang ideal, ergonomis, dan tetap rileks meski motor digeber dalam kecepatan tinggi maupun diajak menikung.
Upaya pembaruan di desain tidak terlalu drastis. Kini menggunakan model lampu baru yang tampilannya lebih tajam dan atraktif. Terdapat juga dua saluran udara yang terletak di bawah kedua lampu depan untuk mengurangi tekanan angin saat melaju dalam kecepatan tinggi. Selanjutnya adalah revisi windscreen yang tata letaknya sedikit lebih tegak. Alhasil performa untuk menghalau angin akan maksimal yang tujuannya juga soal keasyikan berkendara.
Lantas di bagian kaki-kaki ternyata juga ada revisi penting. Yamaha TMAX 2022 memakai pelek Spin Forged ukuran 10 inci baru yang lebih ringan. Keduanya sudah dibalut ban besutan Bridgestone model Battlax SC2, tipe ban ini memang sudah jadi standar TMAX model lawas.
Untuk suspensi depan masih menggunakan upside down berukuran 41 mm. Ada ubahan di pengaturan suspensi yang berimbas pada kelincahan dan meningkatkan gaya redam di berbagai medan jalan. Suspensi depan itu dikombinasikan dengan dengan suspensi belakang monoshock horizontal type linkage.
Bicara fiturnya, baik TMAX dan TMAX Tech Max 2022 sudah dilengkapi dengan teknologi dan fitur modern. Seperti contohnya hadir panel instrumen dengan model TFT berukuran 7 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone, serta koneksi GPS Garmin via Bluetooth, WiFi, dan USB. Semuanya dikontrol dengan pengaturan joystick di stang kiri. Selebihnya fitur terdahulu seperti electric adjustable windcree sampai D-Mode masih ada di Yamaha TMAX edisi pembaruan itu.
Baca Juga: Yamaha Indonesia Siapkan Motor Baru Bernilai Jual Rp12,2 Juta, Jenis Apakah Itu?
Sayangnya untuk jantung pacu, pabrikan lebih memilih menggunakan mesin yang sama. TMAX 2022 dibekali mesin DOHC 530 cc, 2-silinder, 8 katup, pendingin cairan, dan pengabut injeksi. Di atas kertas, dia memiliki tenaga maksimal 57 daya kuda dan torsi puncak sampai 55,7 Nm.
Pada edisi penyegaran 2022, Yamaha TMAX punya 3 opsi pilihan warna: Yellow, Icon Blue, dan Sword Grey. Adapun untuk TMAX Tech disediakan dalam 2 pilihan kelir Dark Petrol dan Power Grey.
Sampai saat ini belum ada banderol resmi dari Yamaha TMAX terbaru. Informasinya, harga motor tersebut bakal diungkap pada pertengahan 2022 yang terlebih dulu dijual untuk pasar Eropa. Kendati demikian, mahar big matik ini diperkirakan sekitar 12 ribu Poundsterling atau Rp229 jutaan.
Menarik buat ditunggu kehadiran New Yamaha TMAX edisi 2022 untuk pasar Tanah Air. Seperti diketahui, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjadikan TMAC DX530 sebagai portofolio motor matik premium berkubikasi mesin besar sampai saat ini. (Kit/Odi)
Baca Juga: Yamaha XSR900 2022 Mengambil TZ250 sebagai Inspirasi
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.