Dalam lama resmi Tamaha Motor Co., Ltd. mereka segera melucurkan model XMAX facelift pada 14 April 2025. Spesifikasi teknis dan kelengkapan sudah dijabarkan secara gamblang. Termasuk harga jual 737.000 yen (meliputi pajak 10 persen) atau setara Rp86,86 juta. Sebetulnya versi penyegaran ini tidak terlalu mencolok bila dipandang dari segi visual. Yang menarik, ia sudah berbekal jok dengan fitur pemanas. Maklum, di sana ada musim dingin. Jadi cocok untuk mengakomodasi konsumen sesuai kebutuhan.
Ubahan Knalpot
Kalau Anda lihat di layar TFT digital anyar. Terdapat indikator fitur pemanas kursi, sehingga bisa disesuaikan dengan tiga pilihan: Low, Mid, High. Versi Indonesia jelas tidak ada karena negara ini beriklim tropis. Nah, yang membedakan ialah knalpot. Di Jepang bentuknya lebih silindris, tak pipih seperti di sini. Namun, berkat racikan ulang bobot kendaraan jadi turun lumayan.
“Perubahan bentuk knalpot didiskusikan berkali-kali dengan desainer hingga menjadi bentuk saat ini. Dan desain akhir diputuskan melalui uji coba, termasuk gaya keseluruhan. Faktanya, mengubah bentuk knalpot sangat menantang. Jika Anda mengganti knalpot maka getaran dan kebisingan yang dipancarkan juga berubah. Untuk alasan ini, kami membahas bentuk optimal, termasuk lengan belakang. Dan pada akhirnya, menjadi 800 gram lebih ringan dari knalpot model XMAX 2023,” terang Yu Fujiwara, Departemen Desain Yamaha Motor Corporation, dalam keterangan tertulis (4/4/2025).
Dimensi dan Desain
Untuk dimensi Yamaha XMAX 2025, memiliki panjang 2.180 mm, lebar 795 mm, tinggi dan 1.410mm. Jarak sumbu roda 1.540 mm, tinggi kursi 795 mm, ground clearance 135 mm, berat total 183 kg. Sedangkan desain jujur nyaris mirip dengan model di Indonesia. Bagian muka depan dipahat tajam bersama sorot mata menukik. Tarikan garis tajam di sekujur tubuh senantiasa dipertahankan.
Lalu jantung pacu juga tak berubah. Yamaha XMAX 2025 mengadopsi motor penggerak berpendingin cairan, 4-tak, SOHC, 4-katup silinder tunggal 249 cm3. Kemudian diameter kali langkah 70.0 mm × 64,9 mm, rasio kompresi 10,5 : 1. Hasil pembakaran internal memberikan daya maksimum 17 kW (23 PS) pada 7.000 rpm. Kemudian torsi maksimum 24 Nm (2,4 kgf・m) di 5.500 rpm.
Meracik Keseimbangan Motor
Adapun kapasitas tangki bahan bakar 13 liter. Berdasar catatan internal Yamaha Jepang, XMAX 2025 memiliki konsumsi 41,7 km/L (60 km/jam) ketika ditunggangi dua penumpang. Pengujian berdasarkan WMTC. Nah, sedangkan ukuran ban depan 120/70-15M/C 56P dan 140/70-14M/C 62P (semua tubeless). Jenis perangkat pengereman pakai cakram tunggal hidrolik. Lalu sistem suspensi teleskopik atas dan lengan ayun double shock breaker.
“Yang paling kami fokuskan (dalam mengerjakan versi facelift) adalah bagian kekakuan, seperti link (rubber mount) dan rangka untuk menyerap getaran dari mesin bertenaga XMAX. Kami telah mengerjakan cara menghilangkan kekakuan ini untuk waktu lama. Bukan hanya soal mengganti dudukan karet saja. Tetapi sangat sulit karena ubahan sangat tergantung pada ukuran lubang kecil di rangka, ketebalan komponen dudukan dan bahannya. Ini adalah model dengan keseimbangan sangat baik. Nyaman dipakai buat harian maupun touring,” imbuh Fujiwara.
Selain fitur pemanas, Yamaha XMAX 2025 tetap diberikan perangkat Y-Connect. Pengendara bisa mengakses informasi terkait kondisi sepeda motor dan data berkendara melalui smartphone. Bila dibedah, perangkat bisa memperlihatkan notifikasi telepon atau pesan masuk di dasbor motor. Kemudian informasi konsumsi bahan bakar, lokasi parkir terakhir saat terhubung aplikasi. Ada rekomendasi perawatan penunjuk kondisi aki dan oli, notifikasi malfungsi, sampai dengan fitur Revs Dashboard menarik bagi pemilik. (Alx)
Baca Juga:
Yamaha Indonesia Perkenalkan Gear Ultima, Skutik Canggih dengan Mesin Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.