Penyegaran produk Yamaha berlanjut. Kini giliran XSR 155 mendapat sentuhan baru. Hanya ketambahan warna matte green yang berkesan klasik. Karakter sport heritage pun makin menonjol. Dia menemani dua warna sebelumnya. Matter Silver Premium dengan kulit jok cokelat, Matte Black Elegance yang serbahitam. Harga tak berubah, tetap Rp36,580 juta OTR DKI Jakarta.
”Sejak diluncurkan di akhir 2019, XSR 155 makin digemari konsumen karena keunggulan desain retro yang dipadukan dengan fitur dan teknologi modern. Tahun ini kami melakukan penambahan warna terbaru agar konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Bagi mereka yang ingin tetap menjaga lifestyle bahkan saat berkendara ke tempat-tempat bertemakan nature, Matte Green ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Ia bisa tampil beda saat mengeksplorasi keindahan alam dan menambah kepercayaan diri,” kata Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Warna Matte Green terinspirasi konsep Wanderlust Nature. Berkaitan erat dengan keinginan berkelana sejauh mungkin ke banyak tempat bernuansa alam. Tentunya kelir ini juga mendukung konsep produk XSR 155 “Born to Be Free”, yaitu memberikan kebebasan dan memenuhi hasrat mengembara para bikers dengan tetap mempertahankan tampilan berkendara stylish.
Baca Juga: Update Harga Terbaru Lini Sport Bike Fairing Yamaha 2021
Cat paling mencolok tentu saja yang menempel di cover tangki. Warna hijau gelapnya itu diberi kombinasi list silver dan hitam. Makin kontras dengan kulit jok berkelir cokelat. Aksen abu juga terlihat di sisi sepatbor depan dan di bodi tengah. Sisanya semua didominasi hitam.
Untuk menambah gaya sesuai karakter pengguna XSR 155, Yamaha menyediakan aksesori tipe sport heritage, tracker version dan café racer. Kualitas peranti resmi yang disediakan sesuai dengan ukuran dan bentuk motor (presisi). Sudah melalui serangkaian test uji, plug and play. Saat ini komponen kualitas pabrikan itu sudah bisa dipesan di diler resmi Yamaha.
XSR 155 merupakan motor pertama bergaya retro modern yang dijual Yamaha di Indonesia. Berbekal mesin Fuel Injection berkapasitas 155cc, SOHC, 4 langkah berpendingin cairan, dan telah dilengkapi teknologi VVA. Tenaga yang dihasilkan mencapai 19 hp pada 10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm di 8.500 rpm. Motor ini juga memiliki fitur Assist & Slipper Clutch, membuat kerja kopling menjadi ringan dan perpindahan gigi lebih halus.
Desainnya turunan dari keluarga besar Sport Heritage XSR series. Sesuai namanya, bernuansa klasik tetapi sudah dibenamkan teknologi modern. Bentuk headlamp model bulat. Tetapi sudah dilengkapi multi-reflektor serta lampu Daytime Running Light atau DRL. Teknologinya pun sudah Light Emitting Diode alias LED. Terdapat logo XSR di bagian tengah lampu.
Baca Juga: Yamaha Sediakan Aksesori Resmi untuk Mengubah Gaya XSR 155
Wujud tangki berbeda dari motor 155 cc VVA Yamaha lain. Karena mengedepankan estetika lawas, maka bentuknya dibuat membulat dan memanjang. Persis motor klasik ‘XS’. Bedanya, ia tidak berbahan pelat alumunium, melainkan resin alias hanya cover. Isinya juga cuma bisa menampung 10,4 liter bahan bakar. Dan terdapat pula logo 3D Yamaha, biar terlihat mewah.
Pun dengan bentuk jok tandemnya, mengusung gaya Heritage. Berbentuk kecil memanjang seperti ‘roti tawar’, karena ada garis-garisnya. Tersedia warna coklat dan hitam. Di sampingnya ada bracket dengan aksen lingkaran, salah satu ciri khas XSR series. Lalu ditutup stop lamp yang dirancang minimalis. Terletak di ujung jok dengan menempel di bagian bodi belakang. Knalpotnya besar, selaras dengan bodi. Menggunakan stang model fatbar.
Dimensinya cukup bongsor, yakni 2.000 x 805 x 1.080 mm (PxLxT). Sumbu roda tercatat 1.330 mm dan memiliki ground clearance 170 mm. Tinggi tempat duduk 810 mm, sama seperti MT-15. Bobot keringnya 134 kg.
Selain headlamp dan stop lamp yang sudah LED, fitur canggih lain bisa dirasakan di bagian panel instrumen. Berbagai informasi mengenai motor tersaji dalam bentuk layar full digital. Isinya cukup lengkap, mencakup spidometer, takometer, pengukur bahan bakar dan indikator posisi gigi.
Ia pakai rangka delta box yang dikenal kokoh, dan punya tingkat stabilitas mumpuni. Kaki-kakinya modern dan gambot, mirip Yamaha MT-15. Suspensi depan upside down dengan diameter besar, setara R25. Pengereman sudah cakram depan maupun belakang. Depan dijepit kaliper 2 piston, belakang dikawal kaliper 1 piston.
Peleknya lebar, depan 2.75 inci dan belakang 4 inci, serta diameter 17 inci. Bentuk palang serupa MT-15. Ukuran bannya pakai 110/70 depan, dan belakang 140/70, serta lengan ayun aluminium ala Yamaha R15. Profil bannya pakai kembangan kasar a la motor adventure. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Warna Baru Yamaha MT-15 2021 Identik MT-25
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.