Yamaha XSR900 mengikuti jejak pembaruan New MT-09. Perubahannya mirip sang saudara, dari teknologi maupun penampilan. Yamaha juga beralih ke bingkai Deltabox sebagai isyarat untuk membawa penampilan motor satu dekade ke depan. Kesan klasik masih didapat. Model 2022 ini justru terinspirasi motor 1980-an.
Rangka Deltabox serupa MT-09. Tetapi secara estetika lebih cocok untuk lini XSR900 daripada motor yang tampak modern. Bingkai aluminium baru lebih kompak dari desain sebelumnya, dan Yamaha mengklaim ada peningkatan kekakuan longitudinal, lateral dan torsional.
Headlight mengusung model baru, braket lampu depan berlubang tapi telah direvisi, dan spion tipe bar end memperbarui tampilan wajah XSR. Bentuk tangkinya mengingatkan pada motor Yamaha lama, sambil menyembunyikan kotak udara yang disetel secara akustik seperti pada MT-09. Di bawahnya, knalpot juga tidak berubah. Setidaknya tidak ada knalpot besar yang dipasang di samping untuk merusak penampilan motor.
Di bagian belakang, panel samping menutupi subframe yang sebelumnya terbuka. Kursi pengendara dipasang lebih jauh ke belakang. Dengan posisi setang sedikit lebih rendah, Yamaha mengatakan tata letak ini berkontribusi pada karakter berkendara XSR900 sambil memberikan ergonomi lebih nyaman. Selain itu, lengan ayun juga lebih panjang untuk memastikan pusat gravitasi tidak terlalu jauh ke belakang.
Baca Juga: Yamaha Zuma 125 Model 2022 Tampil Makin Bergaya Adventure
Desain keseluruhan ditata rapi mirip motor balap Yamaha dari tahun 80-an. Secara gamblang terinspirasi TZ250. Bentuk sadel atau bagian ekornya memiliki siluet yang sama motor tunggangan Christian Sarron.
Salah satu skema cat yang ditawarkan memakai warna biru dan emas. Livery itu pernah digunakan Christian Sarron saat memenangkan Grand Prix kelas 250 cc dengan TZ250. Untuk memberi penghormatan kepada rider Perancis itu, pabrikan memberi XSR900 baru dengan motif yang dikenal sebagai Legend Blue. Pilihan kelir lainnya ada Midnight Black.
Di bawah kosmetik baru, XSR900 lebih kuat dari sebelumnya. Sekarang menampilkan mesin CP3 Euro 5 yang memulai debutnya di MT-09 2021. Menawarkan enjin 889 cc DOHC inline-triple berpendingin cairan. Ia dapat menghasilkan 117 hp pada 10.000 rpm dan torsi 93 Nm pada 7.000 rpm. Powernya mengalami peningkatan sekitar 4 hp, dengan torsi maksimum meningkat sebesar 6 persen dan mencapai 1.500 rpm lebih awal. Untuk menangani kenaikan torsi, XSR900 menerima assist dan slipper clutch serta rasio gigi yang direvisi.
Selain mesin dan sasis ditingkatkan, pabrikan juga memasang quickshifter, cruise control dan anti-wheelie. Teknologinya juga sama seperti MT-09. Dikemas dengan IMU enam sumbu yang diturunkan dari R1. Memungkinkan penggunaan cornering traction control, cornering ABS, dan Yamaha slide control system dengan berbagai pilihan pengaturan. Pengiriman daya juga dapat disesuaikan, dengan empat mode untuk dipilih. XSR900 anyar juga menerima layar warna TFT 3,5 inci.
Sistem suspensi dan pengereman juga mirip dengan MT-09. Fork upside down dari KYB yang dapat disetel sepenuhnya dan shock belakang KYB dengan preload yang dapat disesuaikan dan redaman rebound. bersekutu dengan kaliper radial yang dioperasikan melalui master silinder radial Brembo. Pelek aluminium palang 10 juga sama seperti pada MT-09.
Di Eropa, motor ini mencapai diler pada Februari tahun depan, bersama dengan berbagai aksesori termasuk fly screen opsional dan knalpot Akrapovic. Pabrikan memang belum mengumumkan ketersediaan atau harga, tetapi diperkirakan bakal diniagakan sebesar $9,399 (Rp134 jutaan) atau lebih mahal dari New MT-09. (Bgx/Odi)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.