Mengikuti pasar Jepang, Yamaha Malaysia segarkan warna YZF-R25 model 2021. Kelir baru bertajuk Cyan Metalic, sebagian bodinya dibalut dengan warna biru kehijau-hijauan dengan finishing glossy dan mengilap. Campuran biru dan hijau itu tampak mencolok dengan pelek oranye neon yang kontras. Selebihnya tak ada ubahan signifikan, cuma skema warna. Harga yang ditawarkan masih sama, RM 19.464 atau setara Rp 67,4 juta.
Terlebih dirinya ditawarkan dengan grafis yang bisa terbilang retro. Ada efek 3D jika dilihat dengan mata biasa seperti berbayang. Apalagi tulisan R3 a la sport fairing 90an, berikut dipadupadan susunan silang warna. Konsep ini baru dituangkan Yamaha untuk motor sport full fairing. Setidaknya dalam tiga dekade ke belakang.
Selain elemen Cyan yang mencolok, ia dinetralisir oleh hitam. Terlihat pada beberapa titik panel bodi, mesin, rangka serta jok. Sangat atraktif, mengingat sport fairing sekarang ini didominasi warna cerah dengan corak serbatajam. Sayangnya untuk tabung suspensi depan tidak berkelir emas.
Baca Juga: Yamaha R15 Kian Ekspresif dengan Kelir Baru, Harga Tetap
Untuk pasar Malaysia, Cyan Metalic menggantikan skema warna Matte Silver. Sementara Matte Red tidak lagi dijajakan. Sisanya Yamaha Blue, nama baru untuk menggantikan Matte Blue dan konsepnya masih sama. Pakai elemen racing dengan grafis lebih ringkas. Cat ini punya perbedaan dengan R25 yang dijual di Indonesia. Kalau di negeri Jiran didominasi biru, sementara di sini dikombinasikan dengan cat gelap.
Terlepas dari skema warna baru, Yamaha YZF-R25 MY 2021 masih sama dengan model 2020. Dimulai dari desain, tetap menggunakan fairing yang mengikuti DNA R series Yamaha. Dari facia depan yang agresif hingga bagian ekor sempit. Seperempat liter Yamaha ini mengenakan model bodi dari YZF-R1. Namun dirinya sedikit lebih ramping.
Tampangnya persis kepunyaan sang kakak berkapasitas 600 cc, karena memang masih satu gen YZF series. Mengandalkan Dual Headlight yang dipisahkan oleh ram air, yang mengarahkan aliran udara dari depan menuju radiator. Tangki dan fairing samping dibuat ringkas agar lebih nyaman dijepit paha. Sementara bagian tengah ke belakang masih sama pendahulunya. Belakang juga sudah mengusung teknologi dioda dengan bentuk ramping.
Dasbor memakai panel instrumen full digital dengan tampilan modern. Yamaha menyajikan semua informasi motor dalam sebuah layar LCD monokromatik berukuran kotak besar. Disematkan fitur gear shift timing light, untuk memberi sinyal kepada pengendara lewat kedipan lampu bulat kecil di sisi kanan. Orientasinya agar sang rider bisa mengetahui kapan waktu yang tepat saat berpindah gigi transmisi.
Baca Juga: Yamaha MT-09 dan MT-07 Terbaru Dikabarkan Masuk Thailand Tahun ini, Indonesia Kebagian Kapan?
Dari segi rancang bangun sama dengan yang ada di Indonesia. hampir tak ada beda. Punya spek 2.090 x 720 x 1.135 mm (PxLxT). Ukuruan wheelbase 1.380 mm, ground clearance 160 mm, dan tinggi jok 780 mm. Bobot isi 166 kg dan kapasitas tangki bensin 14 liter.
Bicara kaki-kaki, YZF-R25 dibekali suspensi upside down dengan anodisasi emas. Dipadukan monoshock tanpa link yang ditopang lengan ayun asimetris di belakang. Sedangkan rodanya, pakai ukuran 110/70-17 untuk depan dan 140/70-17 buat belakang.
Sistem pengereman dilengkapi cakram tipe floating berukuran 298 mm yang dijepit 2 kaliper di depan dan cakram 220 mm piston tunggal di bagian belakang. Sayangnya, YZF-R25 di Malaysia masih belum tersedia rem ABS. Berbeda dengan Indonesia, yang sudah diberi sistem rem anti mengunci itu.
Untuk mesin, YZF-R25 ditenagai unit DOHC dua silinder 249 cc dua silinder berpendingin cairan. Dipadukan dengan gearbox 6 kecepatan yang mampu menghasilkan 36 hp pada 12.000 rpm dan torsi puncak 23,6 Nm di kitiran 10.000 rpm. (Bgx/Odi)
Sumber: Visordown
Baca Juga: Setelah Eksis Puluhan Tahun, Yamaha Menutup Kiprah SR400 Lewat Edisi Final
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.