Yamaha YZF-R7 Bakal Mendebut Tahun Depan Lanjutkan Kehebatan YZF-R6
Rumor Yamaha YZF-R7 berbasis MT-07 lagi ramai. Kelak memang akan menggantikan posisi YZF-R6 yang stop beredar tahun lalu. Yamaha sudah mengkonfirmasi soal ini. Buktinya dari pendaftaran informasi emisi di Amerika Serikat. Soal kapan meluncur, dikabarkan tahun depan.
Hilangnya YZF-R6 dari jajaran produk Yamaha tak mungkin berlangsung lama. Sebab untuk pertama kalinya Yamaha tidak memiliki model supersport kelas menengah. Setidaknya dalam beberapa dekade ke belakang. Sekarang hanya ada YZF-R15, YZF-R25 (YZF-R3) dan kemudian YZF-R1. Tak ada transisi dari kelas 250/300 cc menuju 1.000 cc.
Bukti kuat pengganti R6 sudah jelas. Ada dokumen yang diajukan Yamaha ke California’s Air Resources Board (CARB) atau Dewan Sumber Daya Udara California. Di situ tercantum dua daftar untuk model 2022. Keduanya bukan tercatat sebagai registrasi jumlah varian, melainkan perbedaan warna tiap tipe. Ada YZFR7NCB dan YZFR7NCL. Itu sebenarnya pengarsipan yang identik, dengan perbedaan yang diharapkan pada skema warna. Huruf "B" terakhir dalam sebutan mungkin mengacu pada Raven Black, sedangkan huruf "L" berarti Team Yamaha Blue.
Baca Juga: Rumor Yamaha X-Ride Naik Kelas Saingi Honda ADV 150, Seberapa Masuk Akal?
Dari segi spesifikasi, pengarsipan CARB tidak memberikan banyak informasi. Tetapi spekulasi yang beredar kalau YZF-R7 disebut menggunakan mesin 689 cc dua silinder segaris, serupa dengan MT-07 terbaru. Sejauh ini memang belum ada bukti kalau proyek mesin yang digunakan R7 nanti bakal menghasilkan lebih banyak tenaga. Semua informasi masih dalam tahap hipotesis, bisa saja benar atau salah.
Namun kalau dilihat dari catatan pabrik, MT-07 hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 74 Hp di putaran 9.000 rpm dan torsi 68 Nm pada 6.500 rpm. Angka itu sebenarnya masih kalah jauh dari kompetitornya seperti Aprilia RS660 (100 Hp), Honda CBR650R (94 Hp) bahkan YZF-R7 (104 Hp) yang pernah muncul pada 1999. Atau mungkin Yamaha R7 baru ditargetkan untuk konsumen yang menginginkan supersport santai, bukan untuk penggunaan trek. Entahlah!
Peningkatan performa mesin modern harusnya diperlukan. Mungkin Yamaha perlu mempertimbangkan YZF-R7 yang berbasis MT-09 pakai Deltabox terbaru. Dengan keluaran tenaga mencapai 114 Hp dan torsi 87,5 Nm, setidaknya bisa lebih unggul dari lawan sekelasnya.
Meskipun terdaftar sebagai model 2022, fakta bahwa Yamaha telah menempatkan sertifikasi YZF-R7 bisa jadi indikasi bahwa ia akan tiba lebih cepat. Saat ini memang dia satu-satunya motor yang didapuk meluncur tahun depan oleh Yamaha, jadi kami tidak terkejut jika diluncurkan lebih awal.
Baca Juga: Setelah Eksis Puluhan Tahun, Yamaha Menutup Kiprah SR400 Lewat Edisi Final
Perbandingan Spesifikasi MT-07 dan MT-09
Yamaha MT-07 dibekali mesin 689 cc, DOHC, 2 silinder berteknologi crossplane, 8 katup dan berpendingin cairan. Ia mampu menghasilkan tenaga sebesar 74 Hp di putaran 9.000 rpm dan torsi 68 Nm pada 6.500 rpm. Ukuran bore 80 x stroke 68,6 mm, karakternya overbore.
Sedang MT-09 memiliki kubikasi mesin berkapasitas 847 cc berteknologi crossplane 3 silinder disertai racikan diameter x langkah piston: 78,0 x 59,1 mm dan rasio kompresi 11.5:1. Tenaga dan torsi yang dicapainya adalah 114 Hp pada 10.000 rpm dan 87,5 Nm di 8.500 rpm.
Keduanya punya nilai lebih dalam hal akselerasi, dan naked bike Yamaha ini tidak bisa dianggap remeh. Mereka memang dirancang untuk memberikan torsi yang buas, mulai dari putaran mesin rendah hingga menengah dan daya tarik di rpm tinggi juga kuat. Itu karena karakteristik dari teknologi crossplane yang diadopsi.
Kalau bicara fitur, tentu MT-09 lebih mumpuni dan cocok disematkan di R7. Dilengkapi oleh Driving Mode, Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT), Quick Shift System (QSS), Assist & Slipper Clutch, dan Traction Control System (TCS). Semua fitur itu tidak dimiliki MT-07.
Di bagian kaki-kakinya telah menggunakan suspensi upside down di depan dan monoshock di belakang. Suspensi depan dibuat oleh pabrikan yang dapat disesuaikan sepenuhnya alias full adjustable. Dengan ukuran 41 mm, pabrikan memberikan penyetelan dari mulai redaman kompresi hingga rebound damping. (Bgx/Odi)
Sumber: Cycleworld, Bennetts
Baca Juga: Yamaha YZF-R7 Dalam Pengembangan, Pakai Basis MT-07?
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Yamaha Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor Yamaha dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test