First Drive Jetour X70 Plus: SUV 7-Seater Lapang dengan Fitur Melimpah

Jetour X70 Plus review

Berbeda dari Jetour Dashing yang memiliki 5 tempat duduk, X70 Plus adalah SUV dengan format tempat duduk 7-seater yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan keluarga, baik untuk petualangan maupun perjalanan jarak jauh, seperti liburan Natal dan tahun baru. Unit yang diuji adalah tipe tertinggi, yaitu Inspira, yang dijual dengan harga Rp448,8 juta (OTR Jakarta).

Kabin Jadi Unggulan

Jetour X70 Plus kabin

Jetour X70 Plus mengusung konsep Travel+, di mana interiornya dirancang untuk mendukung berbagai aktivitas keluarga. Dengan panjang 4.724 mm, lebar 1.900 mm, tinggi 1.720 mm, dan jarak sumbu roda 2.720 mm, X70 Plus memiliki kabin yang sangat lapang di kelasnya. Kursi pada baris kedua dan ketiga dapat direbahkan sepenuhnya untuk memberikan ruang penyimpanan ekstra, menjadikan X70 Plus ideal untuk membawa banyak barang.

Begitu penguji masuk ke dalam X70 Plus, ia disambut oleh welcome light. Jok dapat diatur kenyamanannya dengan fitur 6-way power seat adjustment with memory function, yang dapat menyimpan hingga tiga posisi. Fitur ini sangat praktis, terutama bagi keluarga yang sering bergantian mengemudi, karena dapat menemukan posisi duduk ideal secara instan.

Kursi-kursi di dalam X70 Plus dibalut dengan kulit sintetis yang dirancang dengan rapi. Desain head unit menyatu dengan meter cluster, meskipun pengaturan posisi jok kadang membuat informasi di MID agak terhalang oleh kemudi. Penyesuaian posisi berkendara juga didukung oleh 4-way tilt & telescopic steering, dan tempat duduk pengemudi yang panjang dapat menopang seluruh paha kaki, memberikan kenyamanan dan mengurangi kelelahan saat berkendara.

Untuk penyimpanan yang lebih luas, kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat, sehingga ruang bagasi bisa mencapai hingga 1.680 liter. Panoramic sunroof semakin meningkatkan kesan lapang dalam kabin. Saat bertemu dengan seorang pemilik X70 Plus yang memiliki tinggi badan hampir 2 meter, ia menjelaskan bahwa alasan memilih SUV ini adalah karena saat jok pengemudi dimundurkan untuk kenyamanan, ruang kaki di baris kedua tetap optimal.

Pengalaman berkendara semakin nyaman dengan kursi bermaterial kulit pola bird’s-eye yang memiliki perforasi untuk aliran udara yang lebih baik. Interior juga dilengkapi dengan hidden air vents dan filter udara CN95 untuk menjaga sirkulasi udara tetap bersih. Sebagai tambahan, terdapat fitur wireless charging 50 Watt yang secara otomatis mengatur pembuangan panas agar terhindar dari overheat selama pengisian daya.

Respons Mesin Memuaskan

Jetour X70 Plus

Tes akselerasi dan respons berkendara dilakukan di tol Sentul Selatan. X70 Plus berbagi mesin dengan model Dashing, menggunakan mesin 1,5 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 154 Hp atau 156 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 230 Nm pada rentang 1.750 hingga 4.000 rpm. Tenaga ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi enam percepatan kopling ganda (DCT).

SUV ini menawarkan tiga mode berkendara: Eco, Comfort, dan Sport. Sayangnya, untuk mengatur mode berkendara harus melalui head unit, bukan melalui tombol di kemudi, sehingga memerlukan sedikit usaha untuk mengubahnya. Pada mode Normal, respons tenaga terasa mengalir dengan lancar. Ketika beralih ke mode Sport, dorongan instan sangat terasa. Dalam kecepatan 100 km/jam, putaran mesin berada di bawah 3.000 rpm, yang seharusnya membantu efisiensi bahan bakar. Namun, efisiensi ini perlu dibuktikan lebih lanjut dalam pengujian jalan raya.

Karakter mesin dan transmisi X70 Plus mirip dengan produk Chery yang juga menggunakan DCT. Mode Sport memberikan daya yang berlebih, yang merupakan kabar baik bagi pecinta SUV yang suka memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Namun, jika membawa keluarga, lebih disarankan menggunakan mode Eco atau Normal untuk kenyamanan penumpang.

Pengendalian Mobil

Jetour X70 Plus review

Jetour X70 Plus menggunakan suspensi depan tipe MacPherson Strut dan suspensi belakang Multi-Link. Meskipun awalnya terasa keras, setelah disesuaikan dengan karakter pasar Indonesia, rebound suspensi saat melindas gundukan menjadi lebih baik. Meskipun membawa dua penumpang di baris kedua, redaman kendaraan tetap kaku, tetapi sangat stabil untuk melesat di jalan bebas hambatan.

Sistem electric power steering (EPS) membuat putaran setir terasa ringan, memudahkan manuver parkir dan memberikan respons yang baik saat melaju kencang.

Fitur

Jetour X70 Plus interior

Pada varian Inspira, fitur keselamatan dan kenyamanan berkendara didukung oleh ADAS. Meskipun sistem Cruise Control belum bertipe adaptive, fitur keselamatan lainnya meliputi Lateral Collision Warning System (LCW), Blind Spot Detection (BSD), Lane Change Warning (LCW), Rear Collision Warning (RCW), dan 360 Visual Parking Assist. Standar keamanan mencakup enam airbag, serta sistem pengereman ABS, EBD & EBA, dengan tambahan TCS, ESC, HHC, HDC, dan RMI.

Fitur kemudahan berkendara lainnya termasuk kamera 360°, Power Memory Tailgate, Electrical Seat Adjustment, Driver Memory Seat, Door Opening Warning, Blind Spot Detection, dan Rear Cross Traffic Alert. Sistem hiburan mendukung wireless Carplay dan Android Auto dalam bahasa Inggris maupun Indonesia.

Tampilan Luar

Jetour X70 Plus review

Desain Jetour X70 Plus yang sporty dengan garis dan tarikan sudut tajam membuatnya mudah diterima oleh pasar. Kisi-kisi depan berkonsep feather-array memberikan tampilan dinamis dan mendukung sirkulasi udara. Bagian belakang tampil seamless dengan spoiler bawah dan lampu full LED with smoked black shell untuk visibilitas dan keselamatan yang optimal.

Inferensi

Dengan harga Rp400 jutaan dan kelengkapan fitur yang melimpah, Jetour X70 Plus memang layak diperhitungkan. Dari segi pengalaman berkendara maupun jumlah fitur yang terpasang, penguji memberi peringkat 4 dari 5 bintang. Tantangan berikutnya adalah membangun jaringan pemasaran dan purnajual yang lengkap di seluruh Indonesia untuk memastikan pelanggan mendapatkan dukungan yang dibutuhkan. Sebagai merek baru di industri otomotif nasional, Jetour harus bekerja keras untuk mendapatkan tempat di hati masyarakat yang cenderung loyal terhadap merek tertentu. (Alx)

Baca Juga: 

First Drive Neta X 500: Tampilan Menawan, Performa Pas dan Kompetitif

Jelajahi Jetour X70 Plus

  • Tampak Depan Bawah Jetour X70 Plus
  • Tampak Depan Jetour X70 Plus
  • Tampak belakang X70 Plus
  • Fog lamp depan X70 Plus
  • Pelek X70 Plus
  • Tampak depan X70 Plus, sudut rendah
Jetour X70 Plus
Rp 414,8 - 444,8 Juta Cicilan : Rp 9,46 Juta

Model Mobil Jetour

Mobil Jetour
  • Jetour Dashing
    Jetour Dashing
  • Jetour X70
    Jetour X70
  • Jetour X70 Plus
    Jetour X70 Plus
Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Jetour Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Jetour X70 Plus dari Carvaganza

  • Ada 2 Varian Jetour X70 Plus, Ketahui Perbedaannya
    Ada 2 Varian Jetour X70 Plus, Ketahui Perbedaannya
    Anjar Leksana . 20 Des, 2024

Artikel Mobil Jetour X70 Plus dari Oto

  • Berita
  • Road Test
  • Jetour Ajak Musisi Alan Walker Kampanyekan Visi Travel+ Music
    Jetour Ajak Musisi Alan Walker Kampanyekan Visi Travel+ Music
    Anjar Leksana . 10 Jan, 2025
  • Mau Beli Jetour X70 Plus, Simak Dulu Simulasi Kredit DP 20 Persen
    Mau Beli Jetour X70 Plus, Simak Dulu Simulasi Kredit DP 20 Persen
    Anjar Leksana . 20 Des, 2024
  • Daftar Perbedaan Jetour X70 Plus Tipe Journey dengan Inspira
    Daftar Perbedaan Jetour X70 Plus Tipe Journey dengan Inspira
    Anjar Leksana . 18 Des, 2024
  • Jetour Indonesia Rilis Detail Harga Varian Dashing dan X70 Plus
    Jetour Indonesia Rilis Detail Harga Varian Dashing dan X70 Plus
    Anjar Leksana . 16 Nov, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024