Kedatangan New Fortuner di segmen SUV di Indonesia tentunya menawarkan pilihan menarik. Nama ini telah populer di kalangan konsumen urban yang memerlukan kendaraan untuk berbagai medan. Kami mendapat kesempatan untuk mencoba New Fortuner yang telah mengalami perubahan desain dan dilengkapi dengan teknologi modern. Kami juga menguji New Fortuner 4x4 GR-S ini pada berbagai kondisi medan yang beragam.
Secara keseluruhan, kami terkesan dengan perubahan yang dibawa oleh New Fortuner, terutama pada fascia depan yang kini tampak lebih modern. Bumper dirancang lebih dinamis dengan peningkatan pada lampu utama dan rumah foglamp. Untuk menambah kesan SUV yang lebih kuat, terdapat juga ornamen skidplate di bagian depan yang berfungsi melindungi bagian bawah kendaraan. Pada varian GR-S, penerapan tema two-tone menambah kesan kemewahan, khususnya pada bagian eksterior. Seluruh roda telah dilengkapi dengan velg berukuran 18 inci yang berdesain sporty.
Posisi duduk yang tinggi merupakan salah satu kelebihan New Fortuner, terlebih dengan adanya pembaruan pada beberapa ornamen di dalam kabin. Unit yang kami coba, dengan emblem GR-S, menggunakan material kulit dan suede untuk seluruh joknya. Bahkan, spion tengah kini telah digital dengan DVR, memberikan nuansa modern pada New Fortuner.
Performa kendaraan ini masih didukung oleh mesin 1GD-FTV 4-silinder 2.8-liter VNT yang menghasilkan tenaga sebesar 201 hp dengan torsi maksimal 500 Nm. Kami mencoba kemampuannya di lintasan lurus sepanjang kurang dari 200 meter; meskipun tidak secara maksimal, namun torsi yang dihasilkan cukup kuat. Performa ini terasa memadai untuk manuver di dalam kota dengan tingkat lalu lintas yang padat.
Untuk memenuhi kebutuhan berkendara yang lebih dinamis, New Toyota Fortuner GR-S menawarkan berbagai mode berkendara seperti Eco, Normal, dan Sport. Meskipun demikian, perubahan ini tidak meningkatkan performa secara signifikan, hanya terasa pada putaran mesin yang lebih responsif di mode Sport. New Fortuner juga dilengkapi dengan New Monotube Suspension untuk mengurangi gejala limbung yang terasa pada model sebelumnya, namun masih terdapat sedikit rasa mual saat melakukan manuver berulang di lintasan slalom.
Dalam hal kenyamanan kabin, New Fortuner kini dilengkapi dengan layar sentuh 9-inci yang terintegrasi dengan layanan T-Intouch terbaru. Ada juga layanan wi-fi yang memungkinkan penumpang mengakses aplikasi streaming tanpa perlu terhubung ke smartphone. Untuk penumpang baris kedua, tersedia layar lipat 11,6 inci yang dapat digunakan untuk pemutar musik, sambungan smartphone, dan fitur lainnya secara mandiri.
New Fortuner menawarkan beberapa pilihan penggerak, dari 4x2 hingga 4x4, untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai kondisi jalan, termasuk off-road. Fitur pendukung seperti Hill Start Assist, Downhill Start Assist, dan Trailer Sway Control juga tersedia. Untuk keselamatan, New Fortuner dilengkapi dengan 7 SRS Airbag dan Toyota Safety Sense 2.0 yang mencakup berbagai fitur semi otonom.
Dimensi New Fortuner tidak berubah dari model sebelumnya, dengan panjang 4.795 mm, lebar 1.885 mm, dan tinggi 1.835 mm, yang dapat menampung hingga tujuh penumpang ditambah ruang bagasi. Dengan melipat kursi baris ketiga, ruang penyimpanan dapat diperluas hingga kapasitas maksimal lebih dari 800 liter, cukup untuk beberapa koper dan tas berukuran sedang.
Kami berkesempatan mencoba New Fortuner langsung di medan off-road. Area yang lebih ekstrem, sirkuit outdoor Pagedangan di BSD, Tangerang Selatan, sering digunakan oleh penggemar motorcross dan mobil 4x4. Meskipun penyegarannya tidak berfokus pada aspek teknis, ini membuktikan kemampuan Fortuner sebagai kendaraan yang tangguh di berbagai medan.
Di sirkuit Pagedangan, dengan berbagai jenis medan, mesin ini menunjukkan kemampuannya untuk segera merespons kebutuhan tenaga. Tenaga tersedia sejak awal, begitu pedal gas diinjak. Di tanjakan, tenaga yang dibutuhkan tersedia dengan cepat, memungkinkan SUV ini menaiki tanpa kesulitan.
Toyota melakukan modifikasi khusus pada suspensi untuk varian tertinggi ini. Suspensi monotube yang diklaim meningkatkan kenyamanan dan stabilitas berkendara dengan mengurangi limbung yang umum terjadi pada SUV besar. Perubahan ini memberikan dampak positif pada kenyamanan di dalam kabin Fortuner terbaru. Melintasi jalan bergelombang pada kecepatan tinggi menjadi lebih mudah dan kendali tetap terjaga. Limbung masih terasa tetapi masih dalam batas yang nyaman. Sayangnya, perubahan positif ini hanya dapat dirasakan pada varian tertinggi.
Area pengujian ekstrem ini juga membuktikan perubahan desain eksterior. Toyota mendesain ulang bemper depan dan belakang dengan bagian bawah yang lebih tinggi. Meskipun tidak ada perubahan pada ground clearance, bagian bawah kendaraan jarang menyentuh rintangan. Approach angle dan departure angle Fortuner dengan mudah mengatasi tanjakan dan turunan sekitar 40 derajat.
Penggunaan Toyota Fortuner 4x4 di area ekstrem menjadi bukti keandalan sistem penggeraknya. Pengemudi dapat dengan mudah memilih mode penggerak melalui dial di bawah konsol tengah, dengan pilihan H2 untuk jalan raya, serta H4 dan L4 untuk kondisi ekstrem seperti di sirkuit Pagedangan. Mode H2 ke H4 dapat diubah saat berkendara pelan, sementara H4 ke L4 saat kendaraan berhenti.
Toyota juga menyediakan tombol differential lock di konsol tengah, yang berguna ketika kendaraan terjebak di kubangan atau ban tidak menapak. Fitur ini mengunci kopel yang menyalurkan tenaga ke roda, meningkatkan tenaga pada roda yang masih menapak agar mobil dapat keluar dari situasi sulit.
Fitur manual Fortuner ini sangat diapresiasi oleh penggemar 4x4, karena beberapa SUV terbaru menggantikan fitur manual dengan sistem otomatis. Bagi penggemar 4x4 yang suka mengontrol kendaraan secara manual, fitur ini sangat berharga. Ini menjadikan varian 4x4 GR-Sport pilihan menarik bagi pecinta kendaraan petualang.
Varian 4x4 GR-Sport dijual dengan harga Rp761,7 juta on the road Jakarta, naik sekitar Rp21 juta dari harga sebelumnya. Harga ini dianggap kompetitif dengan fitur terbaru yang ditawarkan, seperti Toyota Safety Sense, pembaruan head unit, rear seat entertainment, dan kenyamanan lainnya.
Ditambah lagi, mesin 2.8L Fortuner yang bertenaga membuatnya layak dipertimbangkan oleh konsumen yang mencari SUV tangguh untuk berbagai medan jalan. (Ndo/Sta)
Baca Juga: First Drive Toyota Hilux Rangga
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.