New Honda PCX160 akhirnya resmi dirilis oleh Astra Honda Motor (AHM) pada Jumat (6/12). Generasi kelima dari PCX ini hadir dengan pembaruan fitur, desain, dan kelengkapan. Kini tersedia dalam tiga varian: CBS, ABS, dan Honda RoadSync, dengan harga masing-masing Rp33,750 juta, Rp37,750 juta, dan Rp40,350 juta OTR Jakarta.
Meskipun banyak pembaruan, performa mesin masih sama dengan model sebelumnya. PCX160 tetap mengandalkan mesin satu silinder, 160 cc, SOHC, 4 katup, berpendingin cairan, PGM-FI, dan berteknologi Enhanced Smart Power Plus (eSP+). Tenaga yang dihasilkan mencapai 16 Hp di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.
Kami berkesempatan menguji tipe tertinggi, Honda RoadSync, di lintasan Safety Riding and Training Center AHM, Greenland International Industrial Centre (GICC) Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Tipe ini dilengkapi dengan sub-tank suspension dan fitur konektivitas Honda RoadSync.
Dari sisi desain, New Honda PCX160 mirip dengan PCX125 yang pernah diluncurkan di EICMA 2024, dengan bodi tajam dan dual headlamp yang lebih segar. Lampu DRL berbentuk huruf V terintegrasi dengan sinyal belok. Windscreen menggunakan model baru.
Bagian setang kini tertutup seperti pada model Forza atau Scoopy, sehingga kabel-kabel tidak terlihat. Ada juga Pass Beam Switch di handlebar. Fairing samping dan bodi tengah masih identik dengan model sebelumnya, dengan penyempurnaan di bagian tengah dekat pijakan kaki untuk memberikan hembusan angin lebih ke kaki.
Jok masih sama dengan model lama, dengan penopang pinggang untuk rider. Tipe ABS dan tertinggi menggunakan kulit jok dual tone, sementara CBS masih satu warna. Pijakan kaki penumpang kini berupa besi tanpa karet di bagian atasnya, dengan kontur bergerigi untuk kestabilan lebih.
Dalam uji coba, kami menemukan bahwa ergonomi PCX160 tidak banyak berubah. Posisi riding tetap nyaman dengan setang yang pas dan tidak terlalu jauh atau dekat. Kombinasi segitiga berkendara antara bokong, kaki, dan tangan membuat pengendara rileks.
Estetika area setang kini lebih baik tanpa kabel-kabel yang terlihat, memberikan kesan premium. Konsep roda belang tetap dipertahankan dengan ukuran roda depan 14 inci dan belakang 13 inci untuk traksi yang lebih baik. Ban belakang yang lebih kecil tetapi lebar memberikan stabilitas yang lebih saat berkendara.
Sub-tank suspension yang digunakan pada varian tertinggi menjanjikan stabilitas yang baik untuk penggunaan harian maupun touring. Saat melewati jalan bergelombang, redaman terasa baik tanpa gejala bottoming. Hujan gerimis selama uji coba memungkinkan kami menguji HSTC (Honda Selectable Torque Control) dan rem ABS. HSTC mencegah roda selip di jalan licin.
Mesin PCX160 tetap sama dengan model sebelumnya, dengan tenaga 16 Hp di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Akselerasi awal terasa halus, dengan tarikan baru terasa pada putaran tengah. Di trek lurus, performa masih sama dengan yang pernah kami coba tiga tahun lalu.
Semua varian kini dilengkapi dengan pengisian gawai model USB-C, Smart Key System dengan Anti-Theft Alarm dan Answer Back System. Varian tertinggi, Honda RoadSync, memiliki fitur konektivitas yang terhubung ke layar TFT 5 inci panel instrumen, menyediakan navigasi, telepon, musik, pesan, hingga perintah suara. Ada juga Pass Beam Switch dan sub-tank suspension.
Tipe ABS masih sama dengan model sebelumnya, dengan fitur unggulan ABS dan HSTC. Sementara tipe CBS mengandalkan pencahayaan full LED beserta DRL, bagasi 30 liter, tangki bahan bakar 8,1 liter, dan kompartemen depan dengan power charger type C yang bisa ditutup.
Secara keseluruhan, New Honda PCX160 menawarkan desain dan fitur yang lebih canggih, terutama pada varian termahal. Meskipun performa mesin tidak banyak berubah, daya tarik utama terletak pada fitur konektivitas Honda RoadSync dan sub-tank suspension. Varian Honda RoadSync menjadi andalan untuk bersaing dengan Yamaha Nmax 155 Turbo.
PCX160 tersedia dalam tiga varian: CBS, ABS, dan RoadSync. Varian CBS dijual dengan harga Rp33,750 juta OTR Jakarta, dengan warna Exceptional Black, Exceptional White, Exceptional Matte Silver, dan Exceptional Red. Varian ABS dengan harga Rp37,750 juta OTR Jakarta, tersedia dalam warna Phenomenal Matte Black, Phenomenal White, Phenomenal Matte Silver, dan Phenomenal Matte Red. Varian RoadSync dengan harga Rp40,350 juta OTR Jakarta, tersedia dalam warna RoadSync Matte Black dan RoadSync Glossy Red. (Bgx)
Baca Juga: Test Ride New Honda Scoopy di Bali, Tetap Gesit dan Irit Buat Membelah Kota
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.