Setelah merasakan debutnya pada 18 Desember 2024 lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) segera memberikan kami kesempatan untuk mencoba sensasi mengendarai Yamaha Aerox Alpha terbaru di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 15 Januari.
Dalam acara bertajuk "Media Track Day" ini, YIMM menyediakan semua varian Yamaha Aerox Alpha untuk diuji coba, mulai dari tipe Standard, CyberCity, hingga "Turbo" dan "Turbo" Ultimate. Pengujian dilakukan dalam kondisi motor standar pabrik, dan masing-masing varian diberi kesempatan untuk diuji sebanyak 2 putaran.
Sesi pertama dimulai dengan mencoba varian Standard yang dijual seharga Rp29,9 juta OTR Jakarta. Versi ini belum dilengkapi teknologi Yamaha Electronic Continuously Variable Transmission (YECVT), tetapi mesinnya tetap sama dengan varian di atasnya.
Sebagai informasi, Sirkuit Karting Sentul memiliki panjang lintasan total 1.200 meter dengan 14 tikungan yang teknikal, cocok untuk menguji performa Yamaha Aerox Alpha generasi ketiga ini.
Meskipun varian Standard tidak dibekali teknologi YECVT, pengalaman berkendara yang ditawarkannya tetap memuaskan. Terutama karena bobotnya yang lebih ringan 3 kg dibandingkan varian "Turbo," di mana berat 127 kg pada varian Standard membuatnya lebih lincah saat keluar-masuk tikungan.
Handling-nya pun kini lebih baik berkat kalibrasi pada suspensi depan. Inner tube diperbesar menjadi 30 mm, posisi segitiga bawah dibuat lebih maju, dan komponen sasis diperbarui menjadi lebih rigid namun tetap fleksibel.
Dengan dimensi Aerox Alpha yang tergolong besar untuk motor matic 155 cc, mengendarainya dengan kecepatan tinggi lalu melakukan deselerasi untuk keluar masuk tikungan tidak jadi masalah besar. Sensasinya mendekati motor sport, meski masih nyaman untuk dikendarai sehari-hari.
Mesin baru yang mirip dengan Yamaha NMax juga menjadi modal penting buat Aerox Alpha. Saat dicoba mencapai kecepatan 80 km/jam terasa mudah. Sayangnya, lintasan karting yang pendek tidak memungkinkan untuk mencoba top speed-nya.
Secara spesifik, Yamaha Aerox Alpha menggunakan mesin SOHC, 155 cc, berpendingin cairan, dan menggunakan injeksi bahan bakar. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 15,1 hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak sekitar 14,2 Nm pada 8.000 rpm.
Kinerja pengereman juga memuaskan, karena varian Standard sudah dilengkapi rem cakram pada roda belakang. Komponen disc brake roda belakang tersedia pada semua varian Aerox Alpha, memberikan pengereman yang lebih baik, terutama saat diuji di lintasan sirkuit.
Selanjutnya, kami mencoba Yamaha Aerox Alpha CyberCity yang dihargai Rp33,99 juta OTR Jakarta. Varian ini juga belum memiliki YECVT, tetapi fiturnya lebih lengkap dibandingkan varian Standard. Suspensi belakang dengan tabung (subtank), rem ABS, keyless, dan Start & Stop System adalah beberapa fitur tambahan yang dihadirkan.
Performa varian CyberCity hampir sama dengan varian Standard, tetapi handling-nya lebih baik. Suspensi belakang dengan tabung membuatnya lebih nyaman saat bermanuver dan cornering, mengurangi kemungkinan bottoming.
Terakhir, kami mencoba Yamaha Aerox Alpha "Turbo" Ultimate, varian paling lengkap dan termahal yang dijual seharga Rp41,73 juta OTR Jakarta. Semua fitur tersedia pada varian ini, termasuk teknologi "Turbo" dengan YECVT.
Berkat YECVT, gaya sentrifugal pada CVT tidak lagi menggunakan roller tetapi diatur secara elektronik dengan motor. Teknologi ini memungkinkan pengendara mengakses Ride Mode (Sport & Town) dan Y-Shift 3 level untuk merasakan efek "turbo".
Meskipun mesinnya sama dengan varian lainnya, berkat YECVT, respons dan performanya terasa berbeda -- lebih responsif dan agresif. Performance damper juga membuat motor lebih stabil dalam berbagai kondisi, dan cluster meter TFT, turn-by-turn navigation by Google Maps, Traction Control System, dan Emergency Stop Signal semuanya tersedia.
Sayangnya, ruang penyimpanan Aerox Alpha tidak sebanyak Yamaha NMax, dan jok belakang yang tinggi dan tipis bisa membuat pengendaraan lama menjadi sedikit tidak nyaman. Namun, peningkatan mesin, rancang bangun, fitur keamanan, dan performa inovatifnya membuatnya layak dipertimbangkan.
Secara keseluruhan, Yamaha Aerox Alpha menawarkan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari dan performa yang memadai untuk di sirkuit. Tidak ada produk yang sempurna, tetapi Aerox Alpha memberikan hampir segala yang dibutuhkan oleh sebuah motor matic. (Kit)
Baca Juga: First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Ada Sensasi yang Berbeda
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.