Portofolio mobil hybrid Honda di Indonesia tampaknya lebih ditujukan untuk segmen premium. Hal ini terbukti dengan peluncuran CR-V RS e:HEV dan All New Accord RS e:HEV, yang keduanya dibanderol di atas setengah miliar rupiah, menandakan bahwa kedua model elektrifikasi ini tidak dimaksudkan untuk pasar menengah. Setidaknya, pemahaman teknologi diperlukan untuk mengapresiasi model-model Honda dengan label e:HEV, terutama Accord.
Debat terjadi ketika PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan Accord generasi ke-11 yang hanya tersedia dalam versi hybrid di Indonesia. Dengan harga hampir Rp1 miliar, tepatnya Rp959,9 juta (OTR Jakarta, Oktober 2024), ini menetapkan rekor baru untuk harga model reguler Honda, di luar seri Type R.
Honda Accord RS e:HEV merupakan versi hybrid terkini dari sedan premium Honda, dirancang untuk memenuhi permintaan pasar akan kendaraan yang ramah lingkungan dan berteknologi tinggi. Menjaga reputasi Accord sebagai sedan unggulan Honda, model e:HEV ini mengintegrasikan teknologi hybrid terbaru untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik tanpa mengompromikan performa.
Sebagai model flagship, Honda Accord RS e:HEV diluncurkan sebagai bagian dari strategi Honda menuju mobilitas yang lebih berkelanjutan, sejalan dengan tren global kendaraan listrik yang berkembang. Ini merupakan langkah signifikan bagi Honda yang absen dalam segmen hybrid sejak penghentian produksi CR-Z beberapa tahun yang lalu.
Honda Accord e:HEV mempertahankan desain elegan yang khas dengan sentuhan modern. Pada eksterior, garis-garis tegas memberikan kesan dinamis namun tetap mewah. Garis atap ala fastback yang diperkuat memberikan impresi siluet mahal seperti Audi A7.
Grille depan lebih besar dengan dominasi warna hitam, dan lampu depan LED yang tajam menekankan karakter sporty. Sentuhan marking warna oranye sering disebut bergaya USDM atau produk khusus Amerika Serikat.
Bumper depan dan belakang lebih aerodinamis dengan aksen hitam yang memberikan tampilan sporty dari trim RS. Velg alloy 18 inci dengan desain palang lima yang sederhana menambah kesan sporty. Aksen hitam diadopsi pada eksterior, termasuk cover spion, lip spoiler depan dan belakang, side skirts, dan ducktail di bagasi.
Menurut kami, trim RS mungkin tidak perlu untuk Accord e:HEV, karena tidak semua penggemar Accord mungkin menyukai sentuhannya. Terutama aksen hitam di eksterior yang terkesan dipaksakan dan desain velg yang kurang meyakinkan. Sebagai alternatif, Honda mungkin bisa menawarkan varian non-RS dengan tampilan lebih sederhana, atau konsumen dapat memilih Accord berwarna hitam untuk menghindari warna two-tone.
Honda telah mendesain interior Accord terbaru dengan sentuhan premium untuk kenyamanan penghuni kabin. Dominasi warna hitam pada seluruh kabin, termasuk pelapisan dari material kulit, menambah kesan mewah. Desain dashboard yang minimalis, dengan tampilan rapi dan akses mudah ke berbagai kontrol, memudahkan pengemudi. Panel instrumen digital berukuran 10,2 inci menyajikan informasi kendaraan secara lengkap, yang juga terhubung dengan head-up display.
Sistem infotainment yang canggih didukung oleh layar sentuh berukuran 12,3 inci, kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto, dengan dimensi dan penempatan yang ideal untuk mengurangi distraksi pengemudi. Fitur baru pada Honda Accord adalah tombol Experience Selection Dial yang memungkinkan akses cepat ke berbagai fitur infotainment dan berfungsi sebagai penunjuk waktu ketika tidak aktif.
Kenyamanan posisi duduk dapat diatur dengan presisi dan fleksibilitas tinggi melalui pengaturan elektris di bagian depan. Kisi-kisi AC yang didesain mirip grille menambah kesan sporty pada kabin Accord RS e:HEV. Penumpang belakang juga akan merasa nyaman dengan ruang yang luas, berkat dimensi mobil yang panjang 4,9 meter dan wheelbase 2,8 meter.
Kebaruan menarik lainnya adalah ambient light yang dirancang secara impresif, muncul dari celah-celah dashboard, trim pintu, dan konsol tengah, yang warnanya dapat disesuaikan dengan preferensi dan bersifat interaktif dalam beberapa situasi.
Honda juga telah menyertakan panoramic sunroof pada Accord RS e:HEV untuk menambah kesan kemewahan. Berada di dalam kabin Accord terbaru memberikan pengalaman yang pas dan menyenangkan, dengan berbagai fitur baru yang menjadi standar dari Honda, memastikan kenyamanan baik bagi pengemudi maupun penumpang.
Kenyamanan mengemudi sedan seperti Honda Accord RS e:HEV benar-benar terasa. Anda dapat menyesuaikan posisi duduk, tinggi atau rendah, untuk mencari posisi yang paling nyaman. Kami memilih untuk duduk lebih rendah, dan Accord sangat cocok dikendarai dengan cara tersebut.
Aspek yang paling mengesankan dari Accord RS e:HEV adalah kenyamanan berkendara. Kendaraan ini tidak menggunakan sistem suspensi udara yang rumit, melainkan suspensi multi-link tradisional yang sederhana, namun masih menawarkan kenyamanan berkendara yang nyaris sebanding dengan sedan premium Eropa yang harganya bisa dua kali lebih mahal.
Ini adalah Honda yang paling nyaman yang pernah kami kendarai; sangat baik dalam meredam guncangan dan melicinkan hampir semua ketidaksempurnaan di jalan. Yang lebih penting, kenyamanan ini dicapai tanpa harus mengorbankan stabilitas di jalan yang tidak rata atau saat melewati gundukan. Mobil ini tetap stabil dan berjalan dengan lancar.
Suspensinya disetel tidak hanya untuk kenyamanan, tetapi juga untuk stabilitas saat berkendara dengan kecepatan tinggi atau saat berbelok. Suspensinya memang cenderung lembut, namun tetap memberikan sensasi berkendara yang sporty dan lebih halus dibandingkan dengan kebanyakan sedan di kelasnya, termasuk Camry.
Kenyamanan ini juga tercermin dalam operasi Honda Sensing, khususnya fitur Lane Keeping Assist System dan Road Departure Mitigation. Berbeda dengan model Honda lain yang memiliki teknologi ini, kalibrasi pada Accord dibuat lebih halus. Saat melakukan koreksi setir untuk menjaga lajur, pergerakannya sangat lembut, sehingga selain menjaga keamanan posisi mobil, pengemudi dan penumpang tidak terkejut, menambah poin untuk kenyamanan.
Kami telah mencoba mencari informasi tentang sistem kerja mesin hybrid Honda Accord terbaru, namun belum mendapatkan informasi yang pasti. Kami menduga bahwa sistem tersebut dirancang oleh Honda agar motor listrik lebih dominan daripada mesin pembakaran. Kami memperkirakan sekitar 70 persen dari operasi powertrain dijalankan oleh motor listrik, dan mesin pembakaran berfungsi sebagai cadangan saat diperlukan.
Mesin empat silinder ini lebih sering berfungsi sebagai generator untuk mengisi baterai lithium-ion 1,3 kWh dengan menggunakan siklus Atkinson, terutama ketika mobil sering digunakan di dalam kota yang tidak memerlukan kecepatan tinggi. Efisiensi elektrifikasi dapat dioptimalkan dengan pengereman regeneratif, yang tingkatannya dapat dipilih melalui deceleration paddle selectors atau paddle shifter, yang berfungsi sebagai alat untuk mengumpulkan kembali energi listrik saat deselerasi, meskipun efeknya tidak sekuat pada mobil listrik sepenuhnya.
Kami mendapatkan efisiensi bahan bakar Honda Accord RS e:HEV yang mengesankan melalui metode pengujian berkendara sejauh 100 km. Rute pengujian meliputi beberapa area Jadetabek, termasuk jalanan kota Jakarta, jalan tol lingkar luar, dan kawasan BSD serta PIK. Pengujian dilakukan dari sore hingga malam hari, yang memberikan kondisi lalu lintas yang beragam.
Setelah menempuh jarak 100 km, konsumsi bahan bakar rata-rata yang kami catat adalah 25,5 km/liter di MID, angka yang jauh melampaui ekspektasi kami dan menunjukkan perbedaan signifikan dibandingkan dengan pengujian sebelumnya pada CR-V RS e:HEV yang memiliki powertrain yang sama. Kami berpendapat bahwa desain bodi yang lebih aerodinamis dan rendah adalah salah satu faktor yang membuat Accord RS e:HEV lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan CR-V.
Bahkan tanpa upaya khusus untuk menghemat bahan bakar, Accord hybrid sudah terbukti lebih hemat dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar rata-rata Honda Brio, model LCGC. Model yang lebih murah dengan mesin 1.200 cc ini, rata-rata menghasilkan konsumsi bahan bakar sekitar 16 km/liter dalam kondisi dan rute kombinasi. Dari total jarak pengujian lebih dari 500 km selama hampir seminggu, isi tangki BBM terkuras tidak sampai setengah sejak diisi penuh pada hari pertama.
Bagi Anda yang menginginkan sedan mewah terbaru dari Jepang dengan teknologi terkini, All New Honda Accord RS e:HEV adalah pilihan yang menarik. Saat ini, kemampuannya merupakan yang terbaik di antara sedan-sedan Jepang yang tersedia di Indonesia.
Namun, kami berpendapat bahwa ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan oleh konsumen dan Honda. Yang paling mencolok adalah harga, yang hampir mencapai Rp1 miliar. Dengan harga Rp959,9 juta (OTR Jakarta), Accord menjadi yang paling mahal di kelasnya saat ini, melebihi Camry dan Mazda6. Bukan karena spesifikasi atau teknologinya, tetapi regulasi di Indonesia yang tidak memberikan insentif untuk kendaraan hybrid menjadi alasan utama mengapa Accord terasa mahal. (Why)
Baca Juga: All New Honda CR-V RS e:HEV: Ada Harga, Ada Kepuasan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.