Off-road Test All New Mitsubishi Triton GLS M/T: Cocok Dijadikan Pekerja Keras

Mitsubishi Triton GLS

OTO Media Group berkesempatan off-road bareng Mitsubishi Triton GLS dengan transmisi manual dan penggerak 4x4. Pengujian dilakukan di Desa Pelangi, Bogor. Varian ini populer di pasar fleet karena fitur-fitur spesifik dan teknisnya yang lengkap, sangat sesuai untuk digunakan di area pertambangan dan perkebunan dengan medan yang menantang. Mari kita telusuri lebih jauh kemampuan mobil yang dibanderol Rp449 juta (OTR Jakarta) ini.

Dalam sesi pertama, kami diperkenalkan dengan fitur-fitur Triton GLS DC MT oleh instruktur. Saya berada di posisi penumpang sambil mendengarkan penjelasan tentang perangkat yang digunakan dan cara penanganan kendaraan di berbagai jenis jalur, termasuk teknik mengemudi yang tepat untuk menghindari kesalahan. Perlu dicatat, cuaca saat itu sangat cerah dengan jalur off-road yang kering dan berdebu, hanya sedikit jalan berlumpur dan genangan air.

Setelah menunggu giliran, saya akhirnya dipanggil untuk sesi test drive. Saya segera masuk ke dalam kabin untuk menyesuaikan posisi duduk agar nyaman. Penyetelan kursi GLS DC MT masih dilakukan secara manual dan menggunakan bahan kain. Hal ini wajar mengingat kendaraan ini dirancang untuk pekerjaan lapangan, bukan untuk gaya-gayaan. Setelah memahami perangkat off-road, saya mengenakan seatbelt.

Menariknya, varian GLS telah dilengkapi Easy Select 4WD yang menggunakan model kenop putar, bukan tuas seperti pada model HDX. Karena kami akan melalui jalur yang berat, saya langsung menggeser kenop ke posisi 4L. Saya menekan pedal kopling dan memasukkan gigi satu. Kendaraan ini dengan mudah menuruni jalur licin tanpa perlu banyak menginjak pedal rem, karena mampu melakukan deselerasi dengan baik. Triton perlahan-lahan merayap melewati tanah liat yang kering.

Namun, hanya beberapa detik setelah bergerak, cuaca di Desa Pelangi tiba-tiba berubah menjadi mendung dan segera disusul hujan sangat deras. Lanskap yang sebelumnya berdebu berubah drastis menjadi medan yang penuh lumpur di setiap titik pengujian. Instruktur yang duduk di sebelah kiri langsung memberikan arahan: kunci utamanya adalah tetap tenang dan tidak boleh panik. Saya harus mengakui bahwa mengemudi kendaraan 4x4 di medan seperti ini membutuhkan konsentrasi dan ketenangan.

Ketangguhan Mesin

Mitsubishi Triton GLS

Berhasil melewati tanjakan panjang yang licin, Triton GLS dibiarkan merayap perlahan dengan sedikit sentuhan pada pedal akselerator, tidak lebih dari 1.000 rpm. Berkat mesin 4N16 Euro 4, DOHC 16 valve yang menyediakan torsi 330 Nm mulai dari 1.500 hingga 3.000 rpm dan tenaga maksimum 150 PS pada 3.500 rpm, penggunaan gigi pertama lebih sering terjadi meskipun transmisi manualnya 6-speed, mengingat jalanan yang menantang ini.

Lintasan sepanjang 1 km bisa memakan waktu lebih dari 30 menit karena hujan deras. Terkadang harus berhenti sejenak untuk menjaga jarak dan membiarkan kendaraan di depan melaju terlebih dahulu. Instruktur dengan tegas berkata, "Cara mengemudi peserta di depan itu salah. Kelihatan panik, sehingga ban selip dan merusak jalur. Ini akan menyulitkan mobil yang mengikuti. Tetaplah tenang, ikuti arahan saya dengan baik, dan jangan asal menginjak pedal gas. Lakukan dengan perasaan dan secara konsisten."

Ketika jalur semakin sulit, differential lock diaktifkan melalui tombol di konsol tengah dekat tuas transmisi. Fitur ini mengunci sistem differential di gardan tengah dan belakang, memberikan jumlah putaran yang sama pada ban, namun tidak mengunci differential roda kanan atau kiri, sehingga aman saat manuver.

Mitsubishi Triton GLS

Namun, saat menggunakan diff lock Triton, hindari koreksi setir yang berlebihan. Cukup ikuti pergerakan mobil dan imbangi dengan tepat. Dengan cara ini, gundukan yang ada dapat dilalui dengan lancar. Saat menikung tajam dan sedikit meleset, diperlukan mundur sedikit di jalan menurun. Sebagai penguji yang telah berpengalaman dengan SUV off-road di lokasi yang sama saat kondisi kering, tantangan kali ini jauh lebih berat dan sulit.

Terlebih lagi, pengetesan dilakukan di lereng bukit, Kesalahan kecil bisa berakibat fatal. Sedikit saja lengah atau tergelincir dapat mengakibatkan terjun ke jurang yang fatal. Sensasi berkendara antara mobil on-road dan off-road sangatlah berbeda. Memang, ini memerlukan kesabaran ekstra dan kehati-hatian. Adrenalin pun mengalir deras saat mengarungi lumpur bersama Mitsubishi Triton GLS MT.

Lahan berlumpur itu, perlahan tapi pasti, berhasil dilewati. Tantangan terakhir adalah tanjakan blindspot yang sangat licin. Dengan mode penggerak di posisi 4L, keempat ban MT memberikan dorongan yang kuat. Meskipun sempat tergelincir, instruktur menyarankan untuk menambah tenaga hingga 1.500 rpm secara konstan.

Tidak lama kemudian, mobil berhasil mencapai puncak, melewati kubangan air sebelum menanjak ke garis finis. Pengalaman ini sungguh mendebarkan. Apalagi, ketika seorang peserta di belakang saya tidak berhasil menanjak, sehingga harus ditarik oleh kendaraan penyelamat. Akhirnya, panitia memutuskan untuk menghentikan sesi test drive mengingat kondisi yang semakin berat dan demi keselamatan.

Rasa dari Sisi Penumpang

Mitsubishi Triton GLS

Sebagai penumpang di baris kedua Triton GLS yang dikemudikan oleh instruktur, saya merasakan jok kendaraan double cabin yang sangat tegak, yang bertujuan untuk memberikan ruang kargo lebih di belakang. Suspensi terasa keras, yang memang dirancang untuk mengangkut barang di medan berat. Triton dilengkapi dengan suspensi depan double wishbone independent dengan coil spring, sementara penyangga belakang menggunakan rigid leaf spring dengan empat lapis, membuatnya lebih kaku.

Tipe GLS DC MT memiliki panjang 5.265 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.765 mm, jarak sumbu roda 3.130 mm, ground clearance 222 mm, dan dimensi kargo 1.475 mm x 1.545 mm x 525 mm. Bobot totalnya adalah 2.600 kg dengan profil ban 265/70 pada ring 16 inci. Baris kedua menawarkan ruang kaki yang cukup tanpa berlebihan.

Perbedaan terasa ketika saya duduk di baris kedua All New Triton Ultimate AT, yang menawarkan kenyamanan yang jauh lebih empuk. Pengaturan redaman bantingannya berbeda, karena tipe ini sering digunakan oleh eksekutif perusahaan untuk mengunjungi lokasi tertentu, dan beberapa konsumen menggunakannya sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Meskipun konfigurasi suspensinya sama dengan GLS, trim termahal ini hanya menggunakan tiga lapis leaf spring, sehingga bantingannya tidak keras.

Fitur pelengkap pada Triton GLS Double Cabin MT tidak terlalu banyak, dengan sistem pengereman yang menggunakan cakram dan drum, ABS, EBD, BA, Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist, Active Stability & Traction Control (ASTC), dan immobilizer. Bagian kabin dilengkapi dengan head unit 2 DIN yang dapat memutar musik dari AM/FM, MP3, USB-A, dan Bluetooth. Ini cukup memadai untuk kendaraan komersial ringan. Berdasarkan hasil pengujian menyeluruh yang dilakukan kemarin, dari lima bintang, kendaraan ini layak mendapatkan skor 4,5 bintang. (Alx)

Baca Juga: Test Drive Mitsubishi XForce

Jelajahi Mitsubishi Triton

  • Tampak Depan Bawah Mitsubishi Triton
  • Tampak samping Triton
  • Tampak belakang serong Triton
  • Tampak Depan Mitsubishi Triton
  • Tampak belakang Triton
  • Tampak Grille Triton
  • Lampu depan Triton
  • lampu belakang Triton
  • Mitsubishi Triton Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Triton
  • Tampak belakang Triton
  • Mitsubishi Triton Front Side View
  • Tampak depan medium Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Triton Drivers Side Mirror Rear Angle
Mitsubishi Triton
Rp 302 - 527 Juta Cicilan : Rp 6,89 Juta

Model Mobil Mitsubishi

Mobil Mitsubishi
  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi L100 EV
    Mitsubishi L100 EV
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi Pajero Sport Elite
    Mitsubishi Pajero Sport Elite
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Mitsubishi Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Pickup Truck

Artikel Mobil Mitsubishi Triton dari Carvaganza

  • Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
    Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
    Anindiyo Pradhono . 12 Des, 2024
  • FIRST DRIVE: All New Mitsubishi Triton GLS Bisa Diandalkan Lahap Off-Road
    FIRST DRIVE: All New Mitsubishi Triton GLS Bisa Diandalkan Lahap Off-Road
    Anjar Leksana . 10 Sep, 2024
  • Mitsubishi Kenalkan All New Triton Varian Termurah, Simak Spek Lengkapnya
    Mitsubishi Kenalkan All New Triton Varian Termurah, Simak Spek Lengkapnya
    Anjar Leksana . 09 Sep, 2024
  • Perubahan Luar Dalam, All New Mitsubishi Triton Tetap Punya Performa Tangguh
    Perubahan Luar Dalam, All New Mitsubishi Triton Tetap Punya Performa Tangguh
    Alvando Noya . 30 Agu, 2024
  • Mitsubishi Mulai Uji All New Triton di Indonesia, Bakal Muncul di GIIAS 2024
    Mitsubishi Mulai Uji All New Triton di Indonesia, Bakal Muncul di GIIAS 2024
    Setyo Adi . 04 Jun, 2024

Artikel Mobil Mitsubishi Triton dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
    Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
    OTO . 12 Des, 2024
  • Mitsubishi Ajak Konsumen Mencoba All New Triton di Pekanbaru
    Mitsubishi Ajak Konsumen Mencoba All New Triton di Pekanbaru
    Anjar Leksana . 13 Nov, 2024
  • Mitsubishi Triton 2024 Varian HDX Double Cabin Termurah, Dapat Apa Saja?
    Mitsubishi Triton 2024 Varian HDX Double Cabin Termurah, Dapat Apa Saja?
    Anjar Leksana . 09 Sep, 2024
  • Mitsubishi Rilis All New Triton dan New Pajero Sport
    Mitsubishi Rilis All New Triton dan New Pajero Sport
    Setyo Adi Nugroho . 17 Jul, 2024
  • Mitsubishi Gelar Special Delivery Ceremony XForce
    Mitsubishi Gelar Special Delivery Ceremony XForce
    Muhammad Hafid . 01 Des, 2023
  • Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Ardiantomi . 29 Okt, 2024
  • Membandingkan Ford Ranger dengan Rival Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux
    Membandingkan Ford Ranger dengan Rival Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux
    Setyo Adi Nugroho . 25 Mar, 2022
  • Panduan Modifikasi Mitsubishi Triton
    Panduan Modifikasi Mitsubishi Triton
    OTO . 27 Mei, 2021
  • Komparasi Fungsionalitas di Atas Kertas: Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton
    Komparasi Fungsionalitas di Atas Kertas: Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton
    Ahmad Karim . 29 Agu, 2020
  • Begini Transformasi Mitsubishi Triton dari Masa ke Masa di Tanah Air
    Begini Transformasi Mitsubishi Triton dari Masa ke Masa di Tanah Air
    Muhammad Hafid . 19 Agu, 2020
  • First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    Anjar Leksana . 10 Sep, 2024