Test Drive Toyota Hilux Rangga: Performa dan Durabilitas Sudah Teruji

Toyota Hilux Rangga

Setelah diperkenalkan pada Agustus 2024 dan resmi dijual mulai Oktober, Toyota Hilux Rangga telah mencatatkan pemesanan sekitar 2.000 unit. Kendaraan ini telah menjadi salah satu kendaraan niaga yang sangat diminati, khususnya untuk kebutuhan bisnis dan operasional berat. Toyota pun semakin optimistis untuk terjun menggarap pasar kendaraan komersial mulai tahun depan.

Kami berkesempatan untuk mengikuti Journalist Test Drive Toyota Hilux Rangga di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (13/12). Toyota menyediakan total 24 unit All New Hilux Rangga, yang terdiri dari 12 unit tipe Pickup 2.0 High M/T Gasoline serta 12 unit varian Pick Up 2.4 Diesel Standar M/T. Kedua varian ini memiliki karakteristik yang berbeda, masing-masing dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mendukung berbagai kegiatan usaha.

Dalam test drive kali ini, kami diajak untuk menyusuri kepadatan kota Surabaya. Para jurnalis diberi kesempatan untuk mencoba keandalan dan ketangguhan All New Hilux Rangga serta kenyamanannya di jalan. Untuk memenuhi ekspektasi sebagai kendaraan niaga, semua unit membawa muatan berupa karung berisi pasir dan bahan sembako di dalam bak yang memiliki kapasitas angkut hingga 1,2 ton.

Kesan Interior

KabinToyota Hilux Rangga

Unit pertama yang kami coba adalah Pickup 2.0 High M/T Gasoline. Saat masuk ke dalam interior, terasa lapang. Kelengkapan di dalamnya ditujukan untuk kenyamanan pengemudi. Desainnya mengotak dengan garis-garis kaku, memberikan kesan tangguh. Tidak ada komponen soft touch, semua berbahan keras, baik di pintu maupun dashboard.

Interiornya sederhana namun tetap fungsional. Posisi duduk pengemudi bisa diatur maju-mundur (reclining seat), sehingga dapat menyesuaikan tinggi pengendara. Ini menjadi modal awal yang baik, mengingat berbagai kebutuhan perjalanan dekat dan jauh sangat penting untuk posisi nyaman pengemudi. Dampaknya juga berpengaruh pada pekerjaan yang lebih cepat selesai dan hasil bisnis yang optimal.

Lingkar kemudi berbahan urethane nyaman digenggam dan mengingatkan pada mobil Toyota tipe penumpang. Kursi berlapis material berkualitas tinggi. Karena ini varian High, maka diberikan headrest sambung, memberikan kenyamanan lebih pada kendaraan niaga.

Fitur hiburan hanya berupa head unit 1DIN dengan Bluetooth. Ada kompartemen di sisi penumpang yang bisa ditutup dan ruang kecil di tiap sisi pintu, lighter yang bisa dimanfaatkan sebagai power outlet, dua cup holder, serta ruang kecil untuk meletakkan smartphone.

Kabin Toyota Hilux Rangga

Lubang semburan AC ada di empat titik, dengan kenop pengaturan di area tengah dasbor, dekat dengan tuas transmisi. Area meter cluster hanya memiliki petunjuk kecepatan, indikator bensin, dan odometer di layar LCD kecil. Satu lingkaran di sebelah kiri dibiarkan kosong dengan tulisan Toyota Hilux. Sederhana.

Pengoperasian jendela masih menggunakan engkol putar, membawa nostalgia pada produk Kijang lawas, model yang disebut sebagai inspirasi Hilux Rangga.

Mesinnya diletakkan di bagian bonnet, bukan di bawah kursi pengemudi. Inilah yang membuatnya menjadi pikap istimewa bagi para pecinta Toyota. Fitur keamanan mencakup seatbelt, dual airbag, dan rem ABS juga hadir di varian ini.

Unit kedua yang kami coba adalah Pick Up 2.4 Diesel Standar M/T yang memiliki tampilan kabin identik. Hanya saja, di bagian penumpang depan ada Practical Storage Dashboard. Kursinya tidak memiliki headrest, namun kelengkapan lainnya sama dengan varian bensin.

Impresi Berkendara

Toyota Hilux Rangga

Setelah mengatur posisi duduk, kami memulai perjalanan. Awalnya terasa sedikit kaku karena terbiasa menggunakan transmisi otomatis, namun setelah beradaptasi sebentar, mobil berjalan lancar. Berkendara dengan model ini terasa seperti menggunakan kendaraan penumpang karena umumnya kendaraan niaga memiliki kap mesin yang pendek.

Kap mesin bisa menjadi penanda bagi pengemudi untuk mengetahui sisi kiri terjauh kendaraan. Visibilitas untuk pengemudi cukup baik dengan area pandang yang luas. Kaca depan yang lebar dengan posisi tegak membantu pengemudi mengetahui kondisi sekitar kendaraan. Titik buta di area pilar A dapat diminimalisir karena ukurannya kecil. Spion besar di setiap sisi juga membantu pengemudi.

Saat mencoba varian Pick Up 2.0 High M/T, mesin cukup responsif untuk digunakan di jalan perkotaan. Kendaraan padat di Surabaya tidak menjadi masalah karena memiliki gaya mengemudi yang sama dengan mobil penumpang. Akselerasinya juga terasa halus, terutama saat digunakan dengan muatan sedang.

Transmisi manual lima percepatannya mudah dioperasikan. Perpindahan gigi menjadi lebih mudah karena pedal kopling terasa empuk dan tidak membutuhkan injakan kaki yang kuat. Tipe bensin menggunakan mesin yang menghasilkan tenaga sebesar 139 PS dan torsi 183 Nm.

Toyota Hilux Rangga

Berpindah ke tipe Pick Up 2.4 DSL Standard M/T, setelah mengatur posisi ideal dan menginjak pedal kopling serta gas, raungan mesin terdengar menyenangkan. Dengan tenaga 150 PS pada 3.400 rpm dan torsi 343 Nm pada 1.400-2.800 rpm, mobil ini meluncur tanpa kendala di medan kasar dengan membawa muatan.

Menggunakan mesin diesel 2GD-FTV 2.393 cc inline 4 silinder DOHC VN Turbo dengan intercooler, mobil ini memiliki power yang mumpuni untuk melibas jalan sempit dan menanjak. Meski membawa beban, kendaraan ini tidak kesulitan melakukan stop and go di tanjakan. Konsumsi bahan bakar diesel yang efisien juga menjadi nilai tambah, terutama untuk bisnis yang mengutamakan efisiensi operasional.

Kedua varian Hilux Rangga dilengkapi suspensi double wishbone dengan coil spring dan stabilizer di depan, serta per daun di belakang. Redaman kedua varian terasa solid, dengan Pick Up 2.0 High M/T lebih fokus pada kenyamanan sementara Pick Up 2.4 DSL Standard M/T dirancang untuk ketahanan di medan berat.

Meski suspensi belakang tampak amblas, kenyataannya masih terasa nyaman sepanjang pengujian. Bantingan dan redaman juga cukup empuk. Melibas jalan kasar terasa aman meski suara berderak terdengar keras di area bak. Suspensi kedua varian mampu meredam guncangan dengan baik saat melewati jalan bergelombang, meskipun varian diesel terasa lebih keras karena fokus pada kemampuan angkut. Pengereman cakram di depan dan drum di belakang juga berfungsi baik sepanjang pengujian.

Kemudi dilengkapi power steering hidrolis, memudahkan manuver kendaraan dengan dimensi panjang 5.300 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.735 mm. Meski panjang, saat putar balik tidak membutuhkan banyak koreksi setir karena radius putarnya kecil yaitu 5,4 meter.

Selama test drive, kami menggunakan Hilux Rangga dengan simulasi beban seberat lebih kurang 1 ton berupa pasir dan kebutuhan pokok untuk disalurkan ke Masjid Pemuda, Surabaya.

Eksterior Maskulin

Desain Toyota Hilux Rangga

Sebagai kendaraan basis utilitas multiguna, bentuk Hilux Rangga mengingatkan pada Toyota Kijang lawas dengan bentuk kotaknya yang menjadi daya tarik. Tampilannya kokoh dan elegan dengan garis tegas pada grill depan, bumper, dan body moulding di rumah ban. Logo Toyota berukuran besar memberikan identitas kuat untuk sebuah mobil komersial. Bentuk kaku juga terlihat di bagian lampu.

Area eksterior paling canggih ada di varian diesel teratas, dengan outer mirror yang memiliki pengaturan elektrik. Ada juga side underrun untuk perlindungan tambahan di area bak belakang. Varian standar menggunakan pelek 14 inci dengan ban 195 R14 C, sedangkan tipe High menggunakan pelek 16 inci dengan ban 215/65 R16 C.

Selain bak belakang, Hilux Rangga juga menawarkan roof rack mounting point untuk tambahan area bawa barang dengan kemampuan angkut hingga 75 kg. Kemampuan angkutnya mencapai 1,2 ton dengan pilihan 3 Way Deck yang memudahkan aktivitas bongkar-muat barang. Terdapat 8 hook pada tutup bak kiri dan kanan, serta 4 hook di pintu belakang untuk mengikat barang.

Kesimpulan

Toyota Hilux Rangga

Toyota Hilux Rangga Pick Up 2.0 High M/T cocok untuk pengusaha yang menginginkan kendaraan niaga dengan tampilan modern dan kenyamanan lebih. Sementara itu, Pick Up 2.4 DSL Standard M/T adalah pilihan ideal untuk kebutuhan operasional di medan berat dengan muatan besar.

Dengan harga yang kompetitif dan reputasi Toyota, kedua varian Hilux Rangga ini merupakan investasi yang menjanjikan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Pilihan antara keduanya bergantung pada prioritas Anda, apakah lebih mengutamakan kenyamanan atau efisiensi dan ketahanan di medan berat. (Bgx)

Baca Juga: First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT: Calon Bintang Niaga Baru

Jelajahi Toyota Hilux Rangga

  • Tampak Depan Bawah Toyota Hilux Rangga
  • Tampak samping Hilux Rangga
  • Tampak belakang serong Hilux Rangga
  • Tampak Depan Toyota Hilux Rangga
  • Tampak belakang Hilux Rangga
  • Tampak atas Hilux Rangga
  • Lampu depan Hilux Rangga
  • Toyota Hilux Rangga Drivers Side Mirror Front Angle
  • Tampak belakang Hilux Rangga
  • Tampak depan medium Toyota Hilux Rangga
  • Tampak belakang sisi tengah Hilux Rangga
  • Toyota Hilux Rangga Front Cross Side View
  • Toyota
Toyota Hilux Rangga
Rp 188,7 - 304,5 Juta Cicilan : Rp 4,31 Juta

Model Mobil Toyota

Mobil Toyota
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Calya
    Toyota Calya
Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Pickup Truck

Artikel Mobil Toyota Hilux Rangga dari Carvaganza

  • TEST DRIVE: Kemampuan Toyota Hilux Rangga Lebih Dari Sekadar Desain Modis
    TEST DRIVE: Kemampuan Toyota Hilux Rangga Lebih Dari Sekadar Desain Modis
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • Toyota Bakal Rilis Hilux Rangga Berwujud SUV Tahun Depan
    Toyota Bakal Rilis Hilux Rangga Berwujud SUV Tahun Depan
    Zenuar Yoga . 17 Des, 2024
  • Toyota Hilux Rangga Pilihan Pasangan Jajago Keliling Indonesia Wujudkan Impian
    Toyota Hilux Rangga Pilihan Pasangan Jajago Keliling Indonesia Wujudkan Impian
    Zenuar Yoga . 15 Des, 2024
  • Lebih dari Rombak Desain, Berikut Keunggulan Ditawarkan Toyota Hilux Rangga
    Lebih dari Rombak Desain, Berikut Keunggulan Ditawarkan Toyota Hilux Rangga
    Setyo Adi . 17 Okt, 2024
  • Toyota Umumkan Harga Lengkap Hilux Rangga, Terjangkau Untuk Dukung Bisnis
    Toyota Umumkan Harga Lengkap Hilux Rangga, Terjangkau Untuk Dukung Bisnis
    Tomi Tomi . 15 Okt, 2024

Artikel Mobil Toyota Hilux Rangga dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Toyota Siap Luncurkan Hilux Rangga Versi SUV Awal Tahun Depan
    Toyota Siap Luncurkan Hilux Rangga Versi SUV Awal Tahun Depan
    Zenuar Yoga . 13 Des, 2024
  • Pasangan Jajago Sulap Toyota Hilux Rangga Jadi Motorhome untuk Berkeliling Indonesia
    Pasangan Jajago Sulap Toyota Hilux Rangga Jadi Motorhome untuk Berkeliling Indonesia
    Zenuar Yoga . 13 Des, 2024
  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Product Development Award: All New Toyota Hilux Rangga
    Ardiantomi . 30 Okt, 2024
  • Toyota Hilux Rangga Pick Up Termurah Dijual Rp190 Jutaan, Konsumen Dapat Apa Saja?
    Toyota Hilux Rangga Pick Up Termurah Dijual Rp190 Jutaan, Konsumen Dapat Apa Saja?
    Anjar Leksana . 18 Okt, 2024
  • Skema Kredit All New Toyota Hilux Rangga, Angsuran Mulai Rp5 Jutaan
    Skema Kredit All New Toyota Hilux Rangga, Angsuran Mulai Rp5 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 17 Okt, 2024
  • Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Anjar Leksana . 16 Okt, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT:  Calon Bintang Kendaraan Niaga
    First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT: Calon Bintang Kendaraan Niaga
    Setyo Adi Nugroho . 25 Jul, 2024