Cara Bawa Mobil Bertransmisi Manual yang Benar Agar Komponen Awet

MT

 

Tren pengguna mobil transmisi matik semakin naik. Namun, masih banyak pula pengendara di Indonesia yang membutuhkan dan menggunakan girboks manual. Ada banyak faktor, mulai dari bentang alam hingga keawetan (cenderung minim kendala) saat digunakan. Suzuki membagi beberapa tips kebiasaan berkendara dengan mobil bertransmisi manual. Sehingga komponen lebih awet, aman dan berkendara jadi semakin efisien.

Kalau menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS. Pengendara mobil bertransmisi manual tentu harus memahami berbagai informasi mengenai kebiasaan berkendara optimal dan benar. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang dapat diterapkan bagi pengendara:

 

Geser Tuas Transmisi

Memindahkan tuas transmisi dalam keadaan netral saat berhenti di lampu lalu lintas. Beberapa pengendara ada yang memiliki kebiasaan seperti tidak memindahkan tuas transmisi ke posisi netral (N) saat berhenti. Tepatnya saat menunggu lampu lalu lintas sedang menyala merah. Bahkan posisi kaki masih menginjak pedal kopling dan rem.

Kebiasaan ini tentunya akan membuat otot kaki pengendara menjadi lebih cepat lelah. Dilihat dari faktor keselamatan, hal ini sekaligus menjaga komponen kopling agar lebih awet. Suzuki mengimbau pengendara untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi netral. Lalu menggunakan rem tangan saat posisi mobil dalam keadaan diam.

Baca Juga: Cek Sumber Kebisingan Mesin dan Cara Penanganannya

 

Jangan Biasakan Pegang Transmisi Terus-terusan

Beberapa pengendara memiliki kebiasaan seperti meletakkan tangan di bagian tuas transmisi ketika mengemudi. Sebaiknya dihindari kegiatan semacam ini. Karena akan berpengaruh kepada kesigapan pengendara. Suzuki menganjurkan kepada pengendara untuk melepaskan tangan setelah memindahkan tuas transmisi. Lalu kembalikan posisi tangan di lingkar kemudi. Pentingnya posisi tangan selalu di lingkar kemudi adalah untuk memberikan keamanan, keselamatan dan kecepatan reaksi saat berkendara.

 

Keseringan Injak Kopling

Saat mobil berhenti di tanjakan. Tidak sedikit pengemudi menginjak pedal kopling setengah untuk menghindari posisi mobil tidak mundur ke belakang. Padahal kebiasaan ini justru merugikan. Karena membuat gesekan berlebih pada kanvas atau cakram kopling. Jika pengendara dalam kondisi mengharuskan berhenti di tanjakan. Lebih aman agar menggunakan rem tangan supaya mobil tidak bergerak mundur. Dengan meninggalkan kebiasaan menginjak pedal kopling setengah dan menggantinya dengan penggunaan rem tangan. Berkendara pun jadi lebih aman, kopling bisa lebih awet.

“Masih tingginya pengguna mobil bertransmisi manual sering kami jumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Kebiasaan mereka saat mengoperasikannya pun ternyata beragam. Maka dari itu, kami merasa perlu memberikan saran agar mengemudi mobil bertransmisi manual bisa terasa lebih nyaman, aman dan awet,” ungkap Hariadi, dalam keterangan tertulis. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Pentingnya Coating Cat Mobil saat Memasuki Musim Hujan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • BAIC Bakal Bawa BJ30 ke Indonesia, Perkiraan Harga Rp500 Jutaan
    BAIC Bakal Bawa BJ30 ke Indonesia, Perkiraan Harga Rp500 Jutaan
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Chery Perluas Jaringan Dealer di Jabodetabek, Buka Cabang di Pondok Gede
    Chery Perluas Jaringan Dealer di Jabodetabek, Buka Cabang di Pondok Gede
    Anjar Leksana . 20 Des, 2024
  • Eneos Rilis X Series, Pelumas Untuk Kebutuhan Mesin Hybrid
    Eneos Rilis X Series, Pelumas Untuk Kebutuhan Mesin Hybrid
    Muhammad Hafid . 20 Des, 2024
  • INTERVIEW: Presdir Inchcape Indonesia, Khoo Shao Tze Yakin Potensi Market Premium dan Elektrifikasi
    INTERVIEW: Presdir Inchcape Indonesia, Khoo Shao Tze Yakin Potensi Market Premium dan Elektrifikasi
    Alvando Noya . 20 Des, 2024
  • AXIC dan Toyota Carbon Fighter Gelar Aksi Hijau Demi Netralitas Karbon
    AXIC dan Toyota Carbon Fighter Gelar Aksi Hijau Demi Netralitas Karbon
    Muhammad Hafid . 20 Des, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • BYD Perkuat Komitmen Investasi dan Pengembangan EV Indonesia
    BYD Perkuat Komitmen Investasi dan Pengembangan EV Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
  • Diler Baru Citroen Pakai Konsep Global Stellantis, Satu Lokasi untuk Banyak Merek
    Diler Baru Citroen Pakai Konsep Global Stellantis, Satu Lokasi untuk Banyak Merek
    Wahyu Hariantono . 20 Des, 2024
  • Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
  • Merek Jeep Kini Dipegang Indomobil, Siap Bawa Wrangler Baru 2025
    Merek Jeep Kini Dipegang Indomobil, Siap Bawa Wrangler Baru 2025
    Wahyu Hariantono . 20 Des, 2024
  • Intip Spesifikasi Mobil Listrik Geely EX5 yang Dijual Tahun Depan
    Intip Spesifikasi Mobil Listrik Geely EX5 yang Dijual Tahun Depan
    Alvando Noya . 20 Des, 2024
  • 10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
    10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
    Setyo Adi Nugroho . 18 Des, 2024
  • Kenali Deret Regulasi Pemerintah Terkait Kendaraan Listrik di Indonesia
    Kenali Deret Regulasi Pemerintah Terkait Kendaraan Listrik di Indonesia
    Alvando Noya . 17 Des, 2024
  • 10 Daftar Peluncuran Mobil Baru Paling Menarik di 2024
    10 Daftar Peluncuran Mobil Baru Paling Menarik di 2024
    Setyo Adi Nugroho . 17 Des, 2024
  • Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
    Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
    Anjar Leksana . 16 Des, 2024
  • Ragam Keunggulan Wuling Air ev untuk Senjata Mobilitas Harian
    Ragam Keunggulan Wuling Air ev untuk Senjata Mobilitas Harian
    Ardiantomi . 09 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
    Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
    Setyo Adi Nugroho . 18 Okt, 2024
  • Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Setyo Adi Nugroho . 02 Okt, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    Bangkit Jaya Putra . 03 Des, 2024