Cara Mudah Klaim Asuransi Kendaraan
Asuransi mobil merupakan langkah penting untuk melindungi kendaraan dari berbagai risiko tak terduga, seperti goresan ringan, kecelakaan, bencana alam, dan lain-lain. Memiliki asuransi berarti kita telah berinvestasi dalam perlindungan aset bergerak yang kita miliki.
Mengajukan klaim asuransi mobil sering dianggap sulit, namun banyak perusahaan asuransi yang berusaha menyederhanakan prosesnya dan menawarkan manfaat tambahan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Penting untuk memahami beberapa poin kunci sebelum mengajukan klaim asuransi kendaraan agar tidak terjadi kesalahpahaman.
Pastikan Jenis Pertanggungan yang Dimiliki
-
Cek kembali jenis perlindungan yang kamu miliki. Apakah perlindungan untuk kendaraan secara menyeluruh yang dikenal dengan perlindungan Total Loss Only (TLO) atau perlindungan comprehensive hanya mengganti sebagian komponen mobil rusak atau hilang. Lalu lihat jenis kerugian yang dialami sesuai dengan ketentuan yang tercantum di dalam polis.
-
Pastikan penyebab kecelakaan/kerugian. Setiap pemilik polis harus membaca dengan cermat terkait dengan jenis pertanggungan, cakupan perluasan jaminan, risiko yang dijamin maupun dikecualikan. Semua itu mengacu terhadap Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Pengajuan klaim asuransi mobil Anda di penyedia asuransi bisa saja ditolak jika melanggar poin-poin pengecualian dalam polis sebagai berikut:
-
Digunakan untuk mendorong atau menarik kendaraan/benda lain, latihan mengemudi, untuk lomba/karnaval/pawai, dll.
-
Perbuatan jahat oleh tertanggung, saudara, yang tinggal bersama tertanggung.
-
Penggelapan, penipuan dan hipnotis
-
Kelebihan muatan
-
Pengemudi tidak memiliki SIM yang berlaku
-
Berkendara dalam pengaruh alkohol atau narkotika
-
Melanggar rambu lalu lintas
-
Digunakan untuk taksi online (dapat ditanggung/dijamin dengan polis penggunaan komersial)
-
Gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, banjir, longsor, dan angin topan (dapat diperluas dengan perluasan jaminan)
-
Kerusuhan dan huru-hara
-
Sabotase dan terorisme
-
Pengecualian polis lainnya dalam PSAKBI
Kelengkapan Dokumen
Untuk mempermudah proses klaim, pastikan membawa semua dokumen yang diperlukan. Anda harus menyiapkan beberapa dokumen seperti formulir laporan kerugian, KTP pemilik polis, SIM yang masih berlaku dari pengemudi saat kejadian, dan STNK asli. Juga, siapkan dokumen tambahan seperti surat laporan kepolisian dan surat tuntutan dari pihak ketiga jika terlibat. Setelah dokumen lengkap, silakan kunjungi kantor pusat atau cabang terdekat untuk mengisi formulir klaim dan melakukan survei kendaraan.
Jangka Waktu Klaim
Penting untuk memperhatikan tenggat waktu klaim. Klaim asuransi mobil Anda segera, paling lambat dalam waktu 5x24 jam. Proses klaim di perusahaan asuransi seperti Garda Oto sangat mudah. Pelanggan dapat mengajukan klaim dengan cepat melalui aplikasi myGarda, Contact Center Garda Akses yang tersedia 24 jam di nomor 1 500 112, atau mengunjungi kantor cabang Asuransi Astra dan Garda Center yang terletak di berbagai pusat perbelanjaan terdekat.
Untuk memastikan klaim Anda diterima, ceritakan kronologi kejadian secara jelas, lengkap, dan jujur. Banyak pemilik asuransi sering mengabaikan klausul saat menandatangani perjanjian awal, yang dapat menyebabkan klaim ditolak. Klaim dapat ditolak karena berbagai alasan, terutama jika tidak sesuai dengan perjanjian awal. Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab umum penolakan klaim dan alasannya. (Alx)
Baca Juga: Mau Beli Motor Seken, Begini Cara Mengecek Kondisinya
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test