Peugeot 5008 jadi salah satu andalan penjualan Astra Peugeot di Indonesia. Tentunya bersama sang adik 2008 dan 3008. Varian anyar Active datang tahun lalu melengkapi Allure Plus yang sudah beredar sebelumnya. Namun tahukah Anda ada sejumlah fakta menarik yang tak banyak diketahui soal 5008? Berikut kami sajikan fakta unik yang tak banyak diketahui.
Kebiasaan orang Indonesia sejak Peugeot dulu adalah menyebutkan satu persatu angkanya. Dua nol tujuh, lima nol lima, dan sebagainya. Walhasil, sebagian bilang ini Peugeot Lima Nol Nol Delapan. Tidak salah memang. Tapi yang benar adalah, mengacu pada pelafalan dalam bahasa Inggris, Five Thousand and Eight. Atau dalam Bahasa Indonesia, Peugeot Lima Ribu Delapan. Agak janggal?
Peugeot 5008 sejak pertama lahir 2009 lalu selalu berbagi platform dengan 3008 dan juga Citroen C5 Aircross serta Opel Grandland, penerus Opel Zafira. Posisi 5008 bisa diibaratkan versi tujuh penumpang dari crossover compact 3008. Di Indonesia, mesin keduanya pun sama-sama EP6FDT. 1,6 liter dengan Twin-Scroll Turbo. Ini memudahkan konsumen dalam mencari suku cadang.
Mesin yang digunakan adalah hasil pengembangan bersama dengan Citroen dan BMW. Dinamai juga sebagai keluarga Prince Engine. Itulah kenapa ada kata-kata Twin Scroll Turbocharger kalau Anda buka brosur Peugeot 5008. Intinya, ketiganya mengembangkan mesin 4-silinder turbo yang digunakan untuk model-model mobil mereka. Prince Engine lahir dan digunakan pertama kali tahun 2006. Pada BMW, digunakan hingga 2015 pada Seri-1 dan MINI. Versi awal dinamai N13, menggantikan mesin M43. Inilah mesin empat silinder turbo pertama BMW sejak kelahiran 2002 Turbo di era 70an.
Baca Juga: New Peugeot 3008 dan 5008 Active Seharga Mitsubishi Pajero Sport Mendarat di Indonesia
Jangan salah, ini bukan cuma soal display informasi berkendara dalam bentuk digital. i-Cockpit adalah satu paket. Dimulai dari lingkar kemudi berukuran compact yang bentuknya tidak bulat. Bagian bawah dan atasnya lurus, alias flat. Lalu ada indikator digital tadi di depan pengemudi. Apa yang ditampilkan bisa diatur sendiri oleh supir. Layar di tengah, jadi pusat pengaturan sistem hiburan dan kenyamanan seperti AC. Kelebihan dan kekurangannya akan kami sampaikan saat uji jalan nanti.
Ini fitur yang paling cocok digunakan sekarang. Pemerintah sudah menetapkan kecepatan maksimal di jalan tol, dengan denda lumayan mahal bagi yang melanggar. 5008 dibekali fitur pembatas kecepatan yang bisa ditentukan sendiri oleh pengemudi.
Peugeot 5008 pasar ASEAN dirakit di fasilitas assembling Stellantis (induk grup usaha Peugeot, Citroen, Chrysler, Jeep, Fiat, dan lainnya) di Gurun, negara Bagian Kedah, Malaysia. Pabrik ini juga merakit 3008 untuk dijual di kawasan yang sama. Di fasilitas tersebut juga, bulan Februari lalu tersebar kabar kalau beberapa produk Jeep akan dirakit di situ. (Ddn/Odi)
Baca Juga: Astra Peugeot Luncurkan 2008 SUV, Lebih Murah dari Honda HR-V RS Turbo!
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.