Menimbang Peugeot 3008 2018 Bekas, Menarik atau Tidak?

Peugeot 3008 Aster Grey

Berburu SUV Eropa bekas, boleh lirik jagoan milik Peugeot. Jajaran terkecil yang dijual di sini adalah seri 3008. Harganya tergolong terkerek lumayan jauh dibandingkan kondisi baru. Untuk lansiran 2018, varian GT Line dilepas sekitar Rp530 jutaan. Sementara harga OTR baru 3008 Allure Plus di Jakarta Rp710 juta. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan produk “Singa Prancis” ini, meski masih ada sedikit kekurangan. 

Nilai jual yang ditawarkan Peugeot 3008 GT Line berupa ukuran kompak. Bedanya dari Allure Plus, memiliki panjang 4.510 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.662 mm dan jarak sumbu roda 2.730 mm. Lebih besar dari 3008 GT Line, meski tak banyak. Hanya sekitar 5 hingga 9 mm untuk tiap sisi. Kemudian belum ada roof rail di GT Line. Selebihnya sama saja. Sorot mata depan pakai LED proyektor dengan bentuk pahatan di tengah. Rupa itu mencirikan cakar sang “Singa” kontemporer. Ornamen kromium banyak bertebaran, terutama sebagai pembingkai kisi-kisi depan dan lampu kabut. Grille berwujud trapesium terbalik bercorak garis putus-putus. Kaki mengandalkan pelek gaya Los Angeles 18 inci yang rupawan.

Walau model bekas 2018, Peugeot 3008 tetap memesona. Apalagi kaca depan tegak dan dada membusung. Karakter sebagai teman bertualang pun terpahat dari alis roda (fender), body moulding, pelek 18 inci dua warna. Sehingga kala Anda mengajaknya bercengkerama ke habitat off-road dan perkotaan, tetap sedap dipandang. Sementara di buritan, rupa lampu belakang bergaya Claw Effect 3D atau seperti bekas cakaran Singa.

Ada tiga garis lampu LED berjejeran sebagai ciri khas Peugeot mutakhir. Di bawahnya terdapat sepasang reflektor dan lapis kromium. Kemudian bagian atap terpasang kaca panoramic jembar, sehingga penghuni kabin bisa menikmati pemandangan. Apalagi saat melancong ke kawasan pegunungan dengan udara sejuk. Tinggal buka sunroof dan nikmati keasyikan berkendara.

Tatkala menengok ke dalam 3008 GT Line. Sebuah floating monitor 8 inci tertancap di tengah. Anda bisa mengintegrasi smartphone dengan Bluetooth, Apple CarPlay, voice recognition dan navigasi GPS. Bahkan gambar bangunan dan jalanan sekitar bisa muncul di meter cluster 12,3 inci. Tampilan antarmuka pun bisa diganti sesuai selera. Lalu sistem audio tertanam pakai tipe 2-way dengan sebaran frekuensi detail. Mulai dari low, middle dan high yang terdenger jernih lewat sepasang tweeter. Itu berkat tatanan Arkamys 3D Sound Staging.

Baca Juga: Generasi Baru Peugeot 308 Tampil Penuh Pesona

Peugeot 3008 Nera Black

Untuk mengisi baterai gawai Anda, tersedia power socket di semua baris. Namun agak disayangkan, jok semi bucket itu kurang memangku paha pengemudi (172 cm) sehingga mengurangi kenyamanan kala melancong jauh. Pun pada baris kedua. Seyogianya kendaraan Eropa punya kelebihan itu. Namun beruntung, nilai jual masih dari rancangan interior. Bentuknya mirip ruang kendali pesawat terbang. Peugeot menamainya sebagai i-Cockpit. Semua serbadigital di dalam 3008.

Jantung pacu Peugeot 3008 GT Line masih sama dari saudara lain. Ia mengandalkan mekanikal pacu EP6FDTM 4-silinder 1,6-liter THP (Twin Scroll Turbo High Pressure). Enjin inilah yang tertancap pula di sportscar RCZ, 3008 serta 5008. Hasil pembakaran bensin dan induksi turbo membuncahkan daya maksimal 167 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 240 Nm mulai 1.400 rpm. Untuk melesat bisa mencapai kecepatan puncak 206 km/jam.

Seluruh energi kinetik disalurkan melalui roda depan (FWD) via transmisi otomatis 6-speed. Tenaga terasa padat walau kubikasi di bawah 2.000 cc. Induksi turbo membuat 3008 amat mudah diajak mengilat di jalan bebas hambatan. Tak hanya performa yang jagoan. Ia juga mengantongi sertifikasi lima bintang dari European NCAP. Hasilnya terbilang sempurna dari poin terkumpul. Berarti, sang SUV sangat aman dikendarai.

Itu berkat peranti keselamatan kantong udara enam titik, guna meminimalisasi risiko cedera. Saat mereka bergerak kencang, bisa diimbangi penghela laju kendaraan seperti ABS + EBD + BA. Begitu pula saat mobil di tanjakan dan turunan. Tak perlu repot, sebab dibekali Hill Assist Descent Control dan Peugeot Hill Start Assist.

Yang bikin mantap dikendarai, adanya Active Lane Keeping Assist. Bila mobil melewati garis marka jalan, secara otomatis ia mengoreksi laju mobil. Kemudi bergerak ke kanan atau kiri menyesuaikan jalur. Tapi tetap, kitalah sebagai pengendali utama mobil. Berkendara pun tambah nyaman lantaran ada Electronic Stability Program, Dynamic Stability Control dan Anti-Skid Regulation. Fitur ini menjaga tingkah laku mobil sesuai input pengemudi.

Jangan lupa mempertimbangkan aspek purnajual. Jaringan Astra Peugeot terdapat di wilayah Jakarta, Tangerang, Solo dan Surabaya. Jadi bagi pelanggan yang berada di luar area ini sebaiknya pikirkan matang-matang untuk melakukan service di bengkel resmi. Lalu secara kualitas, 3008 GT Line memang tidak diragukan lagi. Tapi nilai penyusutan (depresiasi) di pasar mobil second juga perlu dikalkulasi. Kecuali Anda memang fanatik dengan brand Prancis ini dan bakal dipakai dalam jangka waktu lama. (Alx/Odi)

Baca Juga: Chevrolet Trax Premier 2018 Bekas dengan Fitur Seabrek, Layak Beli?

Jelajahi Peugeot 3008

  • Tampak Depan Bawah Peugeot 3008
  • Tampak belakang serong 3008
  • Tampak Grille 3008
  • Lampu depan 3008
  • lampu belakang 3008
  • Peugeot 3008 Drivers Side Mirror Front Angle
  • Pelek 3008
  • Tampak belakang 3008
  • Peugeot 3008 Front Side View
  • Tampak belakang tengah 3008
Peugeot 3008
Rp 660 - 775 Juta Cicilan : Rp 15,06 Juta

Model Mobil Peugeot

Mobil Peugeot
  • Peugeot 2008
    Peugeot 2008
  • Peugeot 3008
    Peugeot 3008
  • Peugeot 5008
    Peugeot 5008
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Peugeot Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Peugeot 3008 dari Carvaganza

  • Pernah Dipacu Sebastien Loeb di Reli Dakar, Mobil Reli Ini Dilelang
    Pernah Dipacu Sebastien Loeb di Reli Dakar, Mobil Reli Ini Dilelang
    Alvando Noya . 14 Nov, 2023
  • Peugeot e-3008 Teranyar Siap Debut Pekan Depan, Banyak Teknologi Baru
    Peugeot e-3008 Teranyar Siap Debut Pekan Depan, Banyak Teknologi Baru
    Muhammad Hafid . 09 Sep, 2023
  • Peugeot Perkenalkan Panoramic i-Cockpit yang Futuristik, Debut di 3008 Terbaru
    Peugeot Perkenalkan Panoramic i-Cockpit yang Futuristik, Debut di 3008 Terbaru
    Wahyu Hariantono . 14 Jun, 2023
  • Peugeot E-3008 Debut Semester ke-2 2023, Generasi Baru SUV Listrik
    Peugeot E-3008 Debut Semester ke-2 2023, Generasi Baru SUV Listrik
    Muhammad Hafid . 01 Feb, 2023
  • Peugeot 3008 Dapat Warna Baru, Jadi Semakin Banyak Pilihan
    Peugeot 3008 Dapat Warna Baru, Jadi Semakin Banyak Pilihan
    Wahyu Hariantono . 07 Mar, 2022

Artikel Mobil Peugeot 3008 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Catatkan Diri Jadi SUV Terlaris di Eropa, Peugeot 3008 Tembus Produksi 1 Juta Unit
    Catatkan Diri Jadi SUV Terlaris di Eropa, Peugeot 3008 Tembus Produksi 1 Juta Unit
    Alvando Noya . 02 Des, 2021
  • All New Peugeot 3008 dan 5008 Hadir Serba Baru, Harga Mulai Rp 600 Jutaan
    All New Peugeot 3008 dan 5008 Hadir Serba Baru, Harga Mulai Rp 600 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 01 Okt, 2021
  • Peugeot 3008 Bekas 2018 Sekarang Lebih Murah, Simak Pertimbangan Membelinya
    Peugeot 3008 Bekas 2018 Sekarang Lebih Murah, Simak Pertimbangan Membelinya
    Anjar Leksana . 10 Jun, 2021
  • Mempermudah Pembelian, Peugeot Tawarkan Program Tukar Tambah 3008 dan 5008
    Mempermudah Pembelian, Peugeot Tawarkan Program Tukar Tambah 3008 dan 5008
    Wahyu Hariantono . 24 Sep, 2020
  • Peugeot 3008 Facelift Meluncur, Bersolek Wajah Semakin Atraktif
    Peugeot 3008 Facelift Meluncur, Bersolek Wajah Semakin Atraktif
    Muhammad Hafid . 01 Sep, 2020
  • Komparasi Peugeot 3008 Allure Plus Lawan Mercedes-Benz GLA 200
    Komparasi Peugeot 3008 Allure Plus Lawan Mercedes-Benz GLA 200
    Eka Zulkarnain . 12 Feb, 2020
  • First Drive Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus: SUV Rasa Sedan (Part-2)
    First Drive Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus: SUV Rasa Sedan (Part-2)
    Anjar Leksana . 20 Feb, 2020
  • First Drive Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus: Dua Jubah Satu Mesin (Part-1)
    First Drive Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus: Dua Jubah Satu Mesin (Part-1)
    Anindiyo Pradhono . 19 Feb, 2020