Peugeot 3008 facelift mengaspal di Indonesia. Alur garis muka dibuat makin tajam, lampu DRL menggores lampu depan hingga ke bawah. Tapi kalau Anda tertarik dengan unit bekas, tampilannya masih oke. Belum tampak ketinggalan zaman. Sekarang SUV premium berlogo Singa ini di pasar mobkas Jabodetabek relatif murah dari lawan sekelas. Ia ditawarkan sekitar Rp500 jutaan, harga bervariasi mengikuti kondisi dan tahun pembuatan.
Estimasi Model Bekas
Depresiasi unit bekas lumayan besar. Sebab barang gres di diler dengan NIK 2021, varian Allure Plus dijual Rp710 jutaan on the road Jakarta. Nah, mengenai performa Peugeot 3008, tertanam enjin EP6FDTM 4-silinder 1,6-liter THP (Twin Scroll Turbo High Pressure). Hasil pembakaran bensin dan asupan turbo, mesin dapat meledakkan daya maksimal 167 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 240 Nm mulai 1.400 rpm. Untuk melesat bisa mencapai kecepatan puncak 206 km/jam.
Baca Juga: Estate Kompak Peugeot 308 SW Tawarkan Kepraktisan dalam Balutan Desain Atraktif
Energi kinetik disalurkan melalui roda depan (FWD) via transmisi otomatis 6-speed. Tenaga terasa padat walau kubikasi di bawah 2.000 cc. Induksi turbo membuat 3008 amat mudah diajak mengilat di jalan bebas hambatan. Tak hanya performa yang jagoan. Ia juga mengantongi sertifikasi lima bintang dari European NCAP. Hasilnya terbilang sempurna dari poin terkumpul. Berarti, sang SUV sangat aman dikendarai.
3008 GT Line memiliki ukuran kompak. Cocok untuk mobilitas perkotaan dan tetap nyaman saat diajak melancong jauh. Bedanya dari Allure Plus, ia memiliki panjang 4.510 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.662 mm dan jarak sumbu roda 2.730 mm. Sedikit lebih besar dari 3008 GT Line, meski tak banyak. Hanya sekitar 5 hingga 9 mm di tiap sisi.
Kemudian belum ada roof rail di GT Line. Selebihnya sama saja. Sorot mata depan pakai LED proyektor dengan bentuk pahatan di tengah. Rupa itu mencirikan cakar sang Singa. Ornamen kromium banyak bertebaran, terutama sebagai pembingkai kisi-kisi depan dan lampu kabut. Grille berwujud trapesium terbalik bercorak garis putus-putus. Kaki mengandalkan pelek gaya Los Angeles 18 inci yang rupawan.
Lantas daya tarik lain berupa fitur yang bikin mantap dikendarai, adanya Active Lane Keeping Assist. Bila mobil melewati garis marka jalan, secara otomatis ia mengoreksi laju mobil. Kemudi bergerak ke kanan atau kiri menyesuaikan jalur. Tapi tetap, kita sebagai pengendali utama mobil. Berkendara pun tambah nyaman lantaran ada Electronic Stability Program, Dynamic Stability Control dan Anti-Skid Regulation. Fitur ini menjaga tingkah laku mobil sesuai input pengemudi. Perlu diketahui, Jaringan Astra Peugeot terdapat di wilayah Jakarta, Tangerang, Solo dan Surabaya. Jadi bagi pelanggan di luar area ini, sebaiknya pikirkan matang-matang sebelum beli. Sebab lokasi untuk melakukan service di bengkel resmi terbatas. (Alx/Odi)
Baca Juga: Menimbang Peugeot 3008 2018 Bekas, Menarik atau Tidak?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.